Sponsored Content

Sukses Gelar Parade Gong Kebyar di Denpasar, Walikota Jaya Negara: Momentum Ciptakan Bibit Seni

Komitmen Pemkot Denpasar dalam melastarikan, melindungi dan mengembangkan seni budaya Bali patut diacungi jempol.

Istimewa
Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana, dan Kadis Kebudayaan Kota Denpasar, Raka Purwantara saat menyerahkan piagam penghargaan dan uang pembinaan sekaligus menutup Parade Gong Kebyar Anak-Anak dan Wanita se-Kota Denpasar di Dharma Negara Alaya Kota Denpasar, Minggu (19/12) malam. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Komitmen Pemkot Denpasar dalam melastarikan, melindungi dan mengembangkan seni budaya Bali patut diacungi jempol.

Hal ini terbukti lewat pelaksanaan Parade Gong Kebyar Anak-Anak dan Wanita se-Kota Denpasar yang berlangsung sukses dengan menetapkan sebanyak 2 sekeha berpenampilan terbaik.

Keduanya yakni Sekeha Gong Kencana Wiguna, Banjar Kehen, Desa Kesiman Petilan dan Sekeha Gong Wahana Swara Githa, WHDI Kota Denpasar.  

Tak ketinggalan, setelah sehari sebelumnya membuka secara resmi, Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana, Ketua TP. PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Widnyani Wiradana dan Kadisbud Kota Denpasar, Raka Purwantara kompak hadir di hari kedua untuk menyaksikan pelaksanaan parade serta menyerahkan piagam penghargaan bagi peserta dan sekeha berpenampilan terbaik.

Usai pelaksanaan lomba, Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara mengatakan, Pemerintah Kota Denpasar menggelar Parade Gong Kebyar Anak-Anak dan Wanita guna memberikan pembinaan dan pengembangan sekaligus pelestarian seni Gong Kebyar.

Baca juga: Jadwal Acara Pesta Kesenian Bali 6 Juli 2022, Ada Parade Gong Kebyar Bangli

Sehingga mampu memberikan kesempatan kepada para generasi muda menujukkan tehniknya serta memanfaatkan olah kreativitas dalam permainan Gong Kebyar.

Lebih lanjut dijelaskan, dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, diharapkan anak muda Kota Denpasar tidak berhenti berkreatifitas. Sehingga parade ini dapat menjadi program padat karya berbasis seni budaya dan kreatifitas.

Jaya Negara juga mengapresiasi antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan ini yang telah menunjukan performa yang terbaik. 

"Sebagai Kota yang heterogen, parade ini  dilaksanakan pembinaan untuk disiapkan sebagai Duta Kota Denpasar kedepannya, kami bangga melihat anak-anak muda tetap berkreatifitas dan tidak kehilangan jati diri, bahkan semua peserta penampilannya luar biasa," ujar Jaya Negara.

Pihaknya juga mengajak seluruh peserta yang belum berhasil menjadi yang terbaik agar tidak patah semangat.

Hal ini lantaran kegiatan serupa akan digelar secara berkelanjutan untuk memberikan wadah kreatifitas bagi seniman muda Kota Denpasar.

“Semua sekeha luar biasa, bagi yang belum menjadi yang terbaik jangan patah semangat, harus terus belajar dan berlatih, kedepan masih bisa terus berkompetisi yang utamanya untuk melestarikan seni dan budaya Bali,” ujarnya


Sementara, Kadisbud Kota Denpasar, Raka Purwantara menjelaskan, dalam rangka mendukung pelaksanaan kegiatan ini, semua sekaa peserta parade diberikan dana pembinaan masing-masing sebesar Rp. 30.000.000,- dan Piagam penghargaan.

Sedangkan bagi 2 Peserta Penampilan Terbaik yaitu 1 Sekaa Gong Kebyar Anak-Anak dan 1 Sekaa Gong Kebyar Wanita berdasarkan hasil keputusan Tim Pengamat, akan diberikan tambahan dana pembinaan berupa uang masing-masing sebesar Rp. 8.000.000,- dipotong pajak.

(*)

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved