Berita Klungkung

Dianggarkan Rp35 M, Warga Harap Perbaikan Jalan di Kecamatan Dawan Klungkung Segera Terealisasi

Kerusakan jalan di beberapa desa di Kecamatan Dawan, Klungkung, Bali terus dikeluhkan masyarakat. Warga berharap perbaikan jalan segera terealisasi

Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Kerusakan jalan di Kecamatan Dawan, Klungkung, Bali, Senin 26 Desember 2022. 

TRIBUN-BALI.COM, KLUNGKUNG - Kerusakan jalan di beberapa desa di Kecamatan Dawan, Klungkung, Bali terus dikeluhkan masyarakat.

Kerusakan jalan tersebut kian parah, akibat mobilisasi material untuk kepentingan proyek Pusat Kebudayaan Bali (PKB).


Beberapa desa yang kondisi jalannya rusak parah berharap, Pemerintah Provinsi Bali segera merealisasikan BKK (Bantuan Keuangan Khusus) untuk perbaikan ruas jalan tersebut. 

Baca juga: Ketut Urip, Satu-satunya Perajin Kukusan Tersisa di Banjar Bajing Klungkung


Seperti di ruas jalan di Desa Dawan Klod, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung yang sampai saat ini masih dalam keadaan rusak parah.

Setiap musim hujan, jalan tersebut bahkan menjadi kubangan.


"Jalan semakin rusak karena lalu lalang truk yang angkut material untuk PKB. Lihat sendiri jalannya, apalagi kalau hujan seperti saat ini malah jadi kubangan," keluh seorang warga Dawan Kelod.

Baca juga: Dianggarkan Rp1,2 Miliar, Kuota Santunan Kematian di Klungkung Habis Per Awal Desember


Ia pun berharap agar jalan itu segera diperbaiki, sehingga masyarakat bisa kembali berkendara dengan nyaman dan aman.


"Katanya mau diperbaiki Pemprov Bali saat PKB sudah selesai. Saya harap bisa diperbaiki secepatnya," ungkapnya.


Perbekel Dawan Kelod Nengah Suardita menjelaskan, jalan penghubung tiga desa yakni Desa Dawan Kelod,Desa Dawan Kaler dan Desa Pikat saat ini kondisinya rusak parah.


“Katanya sudah ada BKK dari provinsi untuk penanganan jalan. Harapannya segera BKK bisa cair sehingga bisa segera penanganannya. (kondisinya) membahayakan karena situasinya seperti itu,” ujar Suardita. 

Baca juga: Terima Aduan Musik Keras Malam Hari, Bupati Suwirta Turun Sidak Warung Tuak di Klungkung


Pihaknya bahkan sudah mengajukan surat ke Pemkab Klungkung melalui Dinas PU, Penataan Ruang dan Kawasan Permukiman agar memerbaiki jalan penghubung tiga desa yang kondisinya rusak tersebut.


“Informasinya sudah ada BKK dari provinsi untuk penanganan jalan. Harapannya segera BKK bisa cair sehingga bisa segera penanganannya. (kondisinya) membahayakan karena situasinya seperti itu,” jelas Suardita. 


Suardita mengaku telah mengusulkan perbaikan jalan di Dawan Kelod sepanjang 6 kilometer dan perbaikan gorong-gorong sepanjang 4 kilometer. 

Baca juga: Korupsi Uang BUMDes Besan Klungkung, Komang Nindya Dituntut 5 Tahun Penjara


 
“ Sebenarnya pihak desa mengeluhkan itu, namun disatu sisi kita dukung program pemerintah, dilemanya disana. Kalau warga sejak awal juga mengeluh dengan kondisi itu. Karena kemampuan keuangan daerah sehingga dimaklumi. Bersyukurnya ada BKK,” kata Suardita.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved