Sponsored Content

Kementerian ESDM Cek Kesediaan Listrik Jelang Tahun Baru di Bali, Dipastikan Aman

Kementerian ESDM Cek Kesediaan Listrik Jelang Tahun Baru di Bali, Dipastikan Aman

ist
Plt Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana dan rombongan lakukan pemantauan penyediaan BBM khususnya enegi dan listrik dalam periode Natal dan Tahun Baru di Bali pada, Selasa 27 Desember 2022 di Kantor PLN UP2B Kapal, Mengwi Badung. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Plt Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana dan rombongan lakukan pemantauan penyediaan BBM khususnya enegi dan listrik dalam periode Natal dan Tahun Baru di Bali pada, Selasa 27 Desember 2022 di Kantor PLN UP2B Kapal, Mengwi Badung. 

“Ini hari ketiga saya memantau proses penyediaan BBM khususnya energi dan listrik dalam periode Nataru. Hari ini di Bali sudah disaksikan bersama bagaimana PLN di bali sediakan listrik untuk periode Nataru,” kata, Dadan. 

Sementara dari sisi konsumsi terjadi penurunan penggunaan listrik seperti biasa karena konsumsi di Industri turun. Angka penggunaan listrik di Bali hanya 777 Gigawatt (GW). Dimana biasanya penggunaan listrik capai angka 900-916 Gigawatt (GW). 

“Jadi ada penurunan sesuai dengan prediksi kita, PLN secara Nasional dan Bali sudah melakukan persiapan kalau terjadi musibah atau sampai kalau terjadi tower runtuh PLN sudah siap dan sudah dipasang. Sudah ada SOP untuk Nataru,” sambungnya. 

Secara kapasitas kebutuhan listrik akan tercukupi dan PLN dinilai sudah sukses sediakan listrik untuk event G20 sebelumnya. Jika stok listrik kurang di Bali, maka akan disambungkan dengan sistem di Jawa. Menariknya di Bali beban puncak dengan beban minimum penggunaan listrik tidak terlalu jauh sehingga menghasilkan angka yang flat saja. 

“Jadi sangat baik dan kita bisa sediakan listriknya itu dengan model besslot. Dan ketika hujan konsumsi listrik memang alami penurunan. Kalau hujannya siang ada respon AC dimatikan sehingga konsumsi turun tapi kalau malam kondisinya seperti itu saya rasa tidak dimatikan ya. Jadi ada respon pada cuaca,” paparnya. 

Sebelumnya, PLN UID Bali telah memastikan pasokan listrik jelang Tahun Baru 2023 dalam kondisi aman. Hal tersebut didukung oleh pemenuhan pasokan energi primer yang sangat cukup untuk menjaga hari operasional pembangkit (HOP) di seluruh pembangkit listrik di Indonesia. 

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan, bahwa capaian ini tidak lepas dari transformasi yang dilakukan PLN dalam manajemen rantai pasok energi primer, yang juga didukung Pemerintah dan stakeholder di industri batu bara domestik.

Plt Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM lakukan pemantauan penyediaan BBM
Plt Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana dan rombongan lakukan pemantauan penyediaan BBM khususnya enegi dan listrik

“Kalau Nataru tahun lalu kondisi pasokan batu bara agak kritis. Alhamdulillah, tahun ini sangat tercukupi, bahkan menjadi HOP terbaik sepanjang sejarah,” terang Darmawan saat mengecek kesiapan pembangkit listrik tenaga gas dan uap (PLTGU) Tambak Lorok di Semarang, Jawa Tengah, Senin (26/12). 

Sejak awal tahun 2022, PLN telah melakukan perubahan paradigma dalam monitoring dan pengendalian pasokan batu bara. Pengawasan awalnya fokus pada titik bongkar Estimated Time of Arrival (ETA) menjadi berfokus pada titik muat atau loading.

“Kami bangun mekanisme early warning system, sehingga risiko keterlambatan pengiriman pasokan batu bara dapat diminimalisir. Dengan sistem seperti ini maka jika ada potensi kegagalan pasokan karena ketersediaan batu bara maupun armada angkutannya, akan dapat dideteksi lebih dini,” kata Darmawan.

PLN membangun sistem digital pengelolaan batu bara terintegrasi, sehingga batu bara kini termonitor secara real time.Langkah pengawasan dilakukan tidak hanya melalui fisik di lapangan tetapi juga dengan integrasi sistem monitoring digital. 

“Kami Integrasikan sistem digital PLN dengan sistem digital Ditjen Minerba, sehingga dapat dilakukan corrective action secara cepat, tepat, dan terukur,” tutupnya. (*) 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved