Berita Badung

Karnaval 2000 Perempuan Nusantara Meriahkan Acara Natal Nusantara 2022

Perayaan Natal Nusantara tahun 2022 berlangsung meriah., Karnaval 2000 Perempuan Nusantara Meriahkan Acara Natal Nusantara 2022

Tribun Bali/ I Komang Agus Aryanta
Perayaan Natal Nusantara di Balai Budaya Giri Nata Mandala Puspem Badung, Selasa 27 Desember 2022. 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Perayaan Natal Nusantara tahun 2022 berlangsung meriah. Pasalnya perayaan natal nusantara tidak hanya menggelar perayaan natal, namun juga dimeriahkan dengan karnaval 2000 perempuan Nusantara.

Selain karnaval 2000 Perempuan juga terdapat pameran Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM) yang berlangsung di areal Balai Budaya Giri Nata Mandala, Pusat Pemerintahan (Puspem) Kabupaten Badung pada Selasa 28 Desember 2022.

Dari pantauan Tribun Bali dilokasi, 2000 perempuan dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok menggunakan pakaian yang berbeda sesuai dengan suku dan budaya yang ada di Indonesia.

Sebelum karnaval berlangsung setiap kelompok menampilkan tarian khasnya masing-masing. Setelah itu baru berjalan mengelilingi beberapa gedung di Puspem Badung dengan iringan musik. 

Di malam harinya, perayaan Natal Bersama dilaksanakan langsung di Gedung Balai Budaya Giri Nata Mandala yang dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Panjaitan, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta. 

Selain itu, hadir pula Kepala Kakanwil Agama Provinsi Bali, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Indonesia Ida Pengelingsir Agung utra Sukahet, Ketua Umum DPP Pentanisia, Kapolda Bali, Ketua Persekutuan Gereja-gereja Indonesia Wilayah Bali, Keuskupan Denpasar, Ketua Musyawarah Persekutuan Umat Kristen Provinsi Bali, para tokoh nasional, para undangan, serta seluruh umat beragama.

Ketua Umum Panitia Perayaan Natal Nusantara, Putu Parwata mengungkapkan, perayaan Natal Nusantara dengan tema Lahir dan Bangkitkan Kebersamaan dalam Keberagamaan Menuju Indonesia Maju diisi dengan berbagai kegiatan seperti UMKM dan kuliner Nusantara, pagelaran panggung etnik Nusantara, dan kemeriahan lainnya. 

"Selain itu ada karnaval 2000 peremuan, orkestra dan tari-tarian Nusantara, dan terakhir ditutup dengan perayaan Natal bersama," ungkapnya

Di hadapan Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, Parwata yang juga Ketua DPRD Badung ini menegaskan bahwa Bali, khususnya Badung siap menjadi penyelenggara perayaan Natal nasional. 

 "Terimakasih karena Bapak Luhut sudah berkenan menghadiri Natal Nusantara. Kami berharap bapak bisa memfasilitasi kami dan Badung siap untuk menyelenggarakan Natal Nasional," ujar Parwata.

Terkait dengan karnaval yang dilaksanakan, Parwata mengaku hal itu dilakukan untuk mengenal suku, agama ras yang ada di Infonesia. Sehingga semua itu bisa selaras dan berdatu menjaga NKRI.

"Jadi pergelaran seni budaya dari Aceh sampai Papua yang dilaksanakan Pencinta Tanah Air Indonesia (PETANESIA) Provinsi Bali. Kita harap semua bisa berdampingan dan selalu rukun," imbuhnya.

Dirinya mengaku, perayaan natal nusantara 2022 adalah wujud tindakan mempersatukan 
masyarakat Indonesia dari beragam suku dan bahasa, agama dan budaya untuk memiliki satu pandangan bersama dalam NKRI. 

"Panitia yang telah bekerja memiliki harapan untuk indonesia maju, indonesia makmur, Indonesia sehat. Begitu juga satu sinergi semangat kebersamaan dalam membangun nilai-nilai luhur pancasila di masyarakat maupun di rumah kita masing-masing," tegasnya.

Sementara itu, Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan berharap dalam perayaan Natal ini bisa menjadi momen mempererat persaudaraan dan kerukunan antara warga demi keutuhan NKRI. 

"Sebagaimana yang disampaikan Presiden Joko Widodo, saya berharap kita saling menjaga persatuan, kesatuan, kekompakan, dan guyub. Kita hidu dalam kasih," ucapnya. 

Kata Luhut, guyub dan kompak menjadi modal bangsa Indonesia kuat dalam melewati krisis. Kekompakan ini menumbuhkan rasa percaya bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa besar yang mampu menyelesaikan masalahnya. Bahkan ekonomi Indonesia tetap bisa maju di tengah-tengah krisis dunia. 

"Saya memberikan kesaksikan bahwa Indonesia adalah salah satu negara dari sedikit negara di dunia yang bisa menyelesaikan masalah covid-19 dengan baik. Itu semua terjadi karena kita semua kompak, bukan karena satu orang," kata Luhut. 

Di sisi lain, Luhut juga menyampaikan terima kasih atas doa dan upaya dari seluruh elemen masyarakat dalam menyukseskan perhelatan G20 bulan lalu. “Saya ingin menyampaikan terima kasih ada tokoh agama yang waktu pelaksanaan G20 telah melaksanakan doa bersama di Peninsula. Semua berdoa, dan G20 sukses besar. Ini tidak lepas dari doa kita semua yang akhirnya memberikan Indonesia tempat terhormat di dunia ini," imbuhnya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved