Berita Denpasar

Distan Bantah Kuta Zona Merah Rabies, Keberadaan Anjing Liar Dikosongkan di Pesisir Kuta

Distan Bantah Kuta Zona Merah Rabies, Keberadaan Anjing Liar Dikosongkan di Pesisir Kuta

pixabay.com
Ilustrasi anjing rabies. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pasca anjing liar terjangkit rabies mengigit dua wisatawan mancanegara di Kuta beberapa hari yang lalu, Dinas  Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali, pun melakukan relokasi atau pemindahan sebanyak 40 anjing liar di Kuta ke Shelter Tio Russ yang berlokasi di Ungasan, Badung. 

“Itu kejadiannya tanggal 28 Desember 2022 anjing itu dari Canggu yang sebelumnya terjadi perkelahian di Kuta, Legian setelah itu lewat 4 orang ini dan dua orang itu wisman, dua nya lokal Bali. Yang dua orang lokal Bali sudah divaksin VAR dari Dinkes sesuai dengan SOP. Si Bule ini tidak ketemu,” kata, I Wayan Sunada selaku Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali ketika dikonfirmasi pada, Senin 9 Januari 2023. 

Lebih lanjutnya, Sunada menerangkan setelah kejadian tersebut kedua wisman itu langsung menaiki motor dan pergi entah kemana. Ia pun sudah menghubungi seluruh Rumah Sakit dan Hotel namun identitas kedua wisman tersebut sampai saat ini belum ditemukan. 

Dan untuk kedua anjing rabies tersebut sudah dilakukan eliminasi sejumlah dua ekor. Sunada juga menjelaskan perhari ini, Senin 9 Januari 2023 cakupan vaksinasi rabies pada anjing di Bali sentuh angka 35,53 persen. Terdapat kesulitan saat memvaksin anjing-anjing tersebut karena kebanyakan anjing peliharaan diliarkan oleh pemiliknya sehinga kesulitan untuk menangkapnya. 

Untuk mengantisipasi kejadian tersebut, ia melakukan relokasi anjing sebanyak 40 ekor. Sunada juga menegaskan, Kuta bukan zona merah rabies. Menurutnya ini hanya kejadian biasa dan sebanyak 40 anjing tersebut sudah dibawa ke Shelter Tio Russ yang berada di Ungasan, Kuta

“Dan vaksin rabies khusus di Legian sudah 75 persen karena ini anjing liar kan tidak tahu datangnya dari mana sekarang kita zerokan dipesisir Pantai. Tidak ada anjing berkeliaran di Pantai hari ini. Dan 40 anjing tersebut bukan dieliminasi tapi direlokasi di Shelter Tio Russ,” tutupnya. (*) 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved