Pemilu 2024

Bawaslu Denpasar Mulai Rekrut 43 Pengawas Desa, Pendaftaran Ditutup 19 Januari

Panwascam (Panwaslu Kecamatan) Kota Denpasar mulai membuka perekrutan PKD (Pengawas Kelurahan/Desa) Pemilu 2024.

Ida Bagus Putu Mahendra
Ketua Bawaslu Denpasar, I Putu Arnata saat ditemui Tribun Bali beberapa waktu lalu. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Panwascam (Panwaslu Kecamatan) Kota Denpasar mulai membuka perekrutan PKD (Pengawas Kelurahan/Desa) Pemilu 2024.

Berdasarkan data yang diperoleh Tribun Bali dari Ketua Bawaslu Denpasar I Putu Arnata, pendaftaran dan penerimaan berkas calon Anggota PKD dimulai pada 14 Januari 2023 sampai dengan 19 Januari 2023 mendatang.


Ia menuturkan, jumlah personel PKD yang direkrut oleh Panwascam masing-masing kecamatan berjumlah 1 orang setiap desa/kelurahan.

Baca juga: Didukung NU Bali, Ainun Ni’am Bakal Berlaga di Pemilu 2024 Perebutkan Kursi DPD RI

Artinya, untuk Kota Denpasar memerlukan sebanyak 43 personel PKD sesuai dengan jumlah desa/kelurahan di Kota Denpasar. Nantinya, teknis perekrutan PKD dilakukan oleh Panwascam di masing-masing kecamatan.


“Per desa/kelurahan itu ada 1 PKD. Nanti yang berwenang itu Panwascam dalam proses seleksinya,” jelas I Putu Arnata, Ketua Bawaslu Denpasar saat dihubungi Tribun Bali melalui sambungan telepon pada Senin 9 Januari 2023.


Lebih lanjut, Arnata menuturkan, PKD memiliki tugas yang serupa dengan Bawaslu. Namun, hal yang menjadi pembeda berada pada cakupan wilayah yang menjadi tanggung jawabnya.

Baca juga: KPU Bali Tutup Pendaftaran, Berikut 22 Pendaftar yang Berebut Kursi DPD RI pada Pemilu 2024


“PKD sama seperti Bawaslu RI hingga Bawaslu Kabupaten/Kota. Namun PKD disesuaikan dengan wilayahnya yakni di kelurahan atau desa,” ujar Arnata.


Salah satu tugas pokok PKD yakni mengawasi setiap tahapan Pemilu 2024 di tingkat kelurahan/desa. Seperti misalnya pengawasan saat tahapan kampanye berlangsung maupun distribusi logistik yang dilakukan jelang pemungutan suara Pemilu 2024.


“Iya salah satu TKW (Tugas, Kewajiban, dan Wewenang) PKD itu mengawasi setiap tahapan Pemilu di kelurahan/desa. Nanti kan ada kampanye, ada distribusi logistik juga. PKD nanti berkoordinasi dengan Panwascam. Berjenjang,” pungkas Putu Arnata saat dihubungi melalui sambungan telepon pada Senin 9 Januari 2023. 

Baca juga: Polemik Pemilu Sistem Proporsional, Pengamat Politik: Proporsional Terbuka Indikator Demokrasi Sehat

Syarat Jadi Calon Anggota PKD:


1. WNI


2. Berusia 21 tahun


3. Setia kepada Pancasila dasn UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika


4. Mempunyai integritas, berkepribadian yang kuat, jujur, dan adil

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved