Berita Bangli

Dana Alokasi Khusus Bangli Tahun 2023 Turun 50 Persen Lebih

Dana Alokasi Khusus (DAK) sub bidang jalan yang diterima Bangli tahun 2023 turun. Penurunan DAK ini mencapai 50 persen lebih

Muhammad Fredey Mercury
Kabid Bina Marga Dinas PUPR Perkim Bangli I Wayan Lega Suprapto 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Dana Alokasi Khusus (DAK) sub bidang jalan yang diterima Bangli tahun 2023 turun. Penurunan DAK ini mencapai 50 persen lebih dibandingkan tahun sebelumnya.

Kepala Bidang Bina Marga PUPR Perkim Bangli, I Wayan Lega Suprapto saat dikonfirmasi Minggu (15/1/2023) membenarkan hal tersebut. Disebutkan pada tahun 2022 DAK sub bidang jalan yang diterima Bangli sebesar Rp 32 miliar. Sedangkan tahun 2023, DAK yang diterima Bangli hanya Rp 12,5 miliar.

"Kami tidak tahu secara pasti apa penyebab penurunan DAK. Namun kalau dibandingkan Kabupaten/Kota lainnya, besaran DAK tahun 2023 ini hampir sama," sebutnya.

Dari DAK yang diterima tahun ini, rencananya untuk perbaikan dan pelebaran jalan. Ada tiga ruas jalan yang kegiatannya dibiayai dari DAK 2023. Dua diantaranya berada di Kecamatan Kintamani, yakni ruas jalan Pludu-Belancan dan Belancan-Kintamani. 

"Kegiatannya berupa pelebaran jalan. Dari awalnya sekitar 3 meter menjadi 4,5 meter. Adapula kegiatan perbaikan jalan yang juga dibiayai dari DAK pusat. Lokasinya di ruas jalan Tanggahan- Serokadan, Kecamatan Susut," ujarnya.

Lega mengatakan untuk kegiatan dari DAK, pekan ini akan dibawa ke Unit Layanan Pengadaan (ULP) untuk proses terder. Diperkirakan akhir bulan Februari sudah ada pemenang.

Walaupun DAK sub bidang jalan yang diterima tahun ini cenderung kecil, pria asal Desa Manikliyu, Kintamani ini mengaku kegiatan di Bina Marga lainnya dianggarkan melalui sumber dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK) provinsi dan APBD Bangli.

"Misalnya perbaikan ruas jalan Bangbang-Penaga-Landih yang dialokasikan melalui dana BKK. Adapula perbaikan ruas jalan Belanga-Selulung, Kecamatan Kintamani yang anggarannya melalui APBD Bangli," tandasnya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved