Berita Jembrana

Bonus Atlet Jembrana Peraih Medali Akhirnya Cair Hingga Atlet Sampaikan Kendala Fasilitas Olahraga

Bonus Atlet Jembrana Peraih Medali Akhirnya Cair Hingga Atlet Sampaikan Kendala Fasilitas Olahraga

Tribun Bali/ I Made Prasetia
Bupati Jembrana, I Nengah Tamba didampingi Wakil Bupati Jembrana, I Gede Ngurah Patriana Krisna saat menyerahkan bonus atlet peraih medali secara simbolis di Gedung Ir. Soekarno Kota Negara, Rabu 25 Januari 2023. 

TRIBUN-BALI.COM,NEGARA - Para atlet berprestasi yang mengharumkan nama Kabupaten Jembrana pada Porprov XV 2022 lalu akhirnya mendapat bonus, Rabu 25 Januari 2023. Mereka peraih medali telah menerima bonus secara simbolis oleh Bupati Jembrana, I Nengah Tamba di Lantai II Gedung Ir. Soekarno. Total anggaran yang digelontor senilai Rp2,6 Miliar.

Menurut data yang diperoleh, pada Porprov XV tahun 2022 total ada 102 medali yang diraih par atlet gumi makepung. Rinciannya, 17 medali emas, 28 medali perak dan 57 medali perunggu. Sedangkan, pada Porprov sebelumnya, Jembrana hanya berhasil membawa pulang 78 medali saja. Rinciannya, 11 medali emas, 21 medali perak dan 46 medali perunggu. Artinya ada kenaikan 24 medali pada perhelatan kali ini.

"Total ada Rp2,6 Miliar yang kita berikan sebagai apresiasi atau bonus kepada atlet berprestasi. Semoga ini bisa memacu lagi para atlet terbaik kita untuk terus berprestasi," kata Nengah Tamba didampingi Wakil Bupati Jembrana yang juga Ketua KONI Jembrana, I Gede Ngurah Patriana Krisna usai kegiatan.

Menurut Tamba, meskipun Jembrana masih berada pada peringkat ke 7, peraihan medali justru naik. Jika sebelumnya hanya 78 keping medali, Porprov kemarin mencapai 102 keping. Baik itu medali perorangan maupun beregu.

"Astungkara kita masih berprestasi dan kualitas akan terus ditingkatkan," ungkapnya. 

Disingung mengenai penyampaian kendala para atlet bahwa belum memiliki fasilitas olahraga yang memadai, politikus asal Desa Kaliakah ini mengakui memang masih ada fasilitas olahraga yang belum tergarap. Terutama untuk cabor baru yang ada di Jembrana. Namun, secara umum fasilitas olahraga lainnya masih berstatus baik.

"Memang ada beberapa cabang olahraga terutama yang baru belum ada fasilitas. Tapi nanti akan dibereskan oleh Ketua KONI," tegasnya. 

PAD Meningkat, Bonus Naik

Bupati Jembrana, I Nengah Tamba mengungkapkan pihaknya hanya bisa berpesan kepada atlet berprestasi Jembrana agar tidak hijrah ke Kabupaten lain. Namun, pihaknya juga tak bisa mencegah karena itu tergantung keputusan pribadi masing-masing.

"Karena ini  dunianya profesional, tidak bisa kita cegah (atlet hijrah). Tapi, kami tentunya berharap tidak berpindah," ungkapnya. 

Dia berharap, beberapa tahun kedepan pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Jembrana terus meningkat sehingga akan bisa memberi bonus atlet berprestasi lebih besar lagi.

"Astungkara bisa, ketika PAD naik otomatis bonus juga akan tingkatkan. Tidak masalah itu," tandasnya.

Untuk diketahui, kontingen Kabupaten Jembrana harus berpuas diri tetap berada di posisi 7 pada pelaksanaan Porprov Bali XV 2022. Meskipun secara peringkat masih tetap sama, namun para atlet Jembrana menunjukkan peningkatan prestasi. Sebab, raihan medali pada tahun ini mencapai 102 keping dari sebelumnya hanya 78 medali. Artinya, ada kenaikam signifikan jika dihitung dari jumlah medali dan prestasi atlet. Kemudian untuk bonus peraih medali telah dianggarkan tahun depan, 2023.  (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved