Berita Denpasar

Ditangkap Saat Transaksi Sabu di Kamar Hotel Wilayah Denpasar, Gede Adi dan Hubert Dibui 11,5 Tahun

Gede Adi dan Hubert saat menjalani sidang putusan secara daring. Keduanya dihukum 11 tahun dan 6 bulan penjara, karena terlibat tindak pidana narkotik

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Terdakwa I Ketut Gede Adi Prasucipta (25) dan Hubert Sugiarto (44) dijatuhi pidana penjara masing-masing 11 tahun dan 6 bulan (11,5 tahun) oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Denpasar.

Kedua terdakwa yang menjalani sidang secara daring dengan berkas terpisah ini dinyatakan terbukti bersalah terkait tindak pidana narkotik.

Diketahui, para terdakwa ditangkap petugas BNNP Bali saat bertransaksi sabu di sebuah kamar hotel di Jalan By Pass Ngurah Rai, Pedungan, Denpasar.

"Putusan hakim sudah dibacakan. Kedua terdakwa dijatuhi pidana penjara 11 tahun dan 6 bulan, dan denda Rp 1 miliar subsidair 3 bulan penjara," ungkap Dewi Maria Wulandari selaku penasihat hukum para terdakwa, Rabu, 12 Mei 2021.

Baca juga: Libur Lebaran 2021, Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Denpasar Dihentikan 2 Hari Mulai 13 dan 14 Mei

Pengacara dari Pusat Bantuan Hukum (PBH) Peradi Denpasar ini mengatakan, putusan majelis hakim pimpinan I Gede Putu Saptawan turun setengah tahun dari tuntutan yang diajukan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Sebelumnya JPU menuntut kedua terdakwa dengan pidana penjara selama 12 tahun dan denda Rp 1 miliar subsidair 6 bulan penjara.

"Setelah kami berkoordinasi, kedua terdakwa mengatakan menerima putusan majelis hakim. Jaksa juga menerima putusan itu," terangnya.

Sementara itu, dalam amar putusan majelis hakim menyatakan bahwa terdakwa Gede Adi dan Hubert telah terbukti sah dan meyakinkan bersalah tanpa hak atau melawan hukum menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menukar atau menyerahkan narkotik golongan I bukan tanaman, yang beratnya melebihi 5 gram.

Sebagaimana dakwaan pertama JPU, kedua terdakwa dijerat Pasal 114 ayat (2) jo Pasal 132 ayat (1) Undang-Undang RI No.35 tahun 2009 tentang Narkotik.

Diungkap dalam surat dakwaan JPU, terdakwa Gede Adi dan Hubert ditangkap oleh petugas BNNP Bali saat bertransaksi narkoba di kamar hotel, kawasan Jalan By Pass Ngurah Rai, Pedungan, Denpasar Selatan, Minggu, 8 November 2020 sekitar pukul 23.30 Wita.

Halaman
12

Berita Populer