Berita Bali

Lanud I Gusti Ngurah Rai Bali Gelar Simulasi Pengamanan VVIP dan Penanggulangan Huru Hara

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Suasana latihan pengamanan VVIP dan penanggulangan huru hara di Lanud I Gusti Ngurah Rai, Rabu (27/10/2021).

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA - Belasan pendemo mencoba masuk ke dalam Baseops Lanud I Gusti Ngurah Rai untuk menyampaikan aspirasi mereka langsung kepada pejabat yang tiba di Bali melalui VVIP.

Mereka terus merangsek masuk hingga pada akhirnya personel Penanggulangan Huru Hara (PHH) Lanud I Gusti Ngurah Rai memukul mundur para pendemo.

Sementara pejabat yang tiba tersebut dievakuasi keluar area Baseops melalui pintu pos 27 Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali.

Itu merupakan skenario yang diterapkan dalam simulasi latihan pengamanan VVIP dan VIP, dan penanggulangan huru hara yang dilaksanakan oleh Lanud I Gusti Ngurah Rai.

Baca juga: Pelayanan Tes RT-PCR di Bandara Ngurah Rai Bali Diminati Banyak Calon Penumpang

“Kegiatan yang kita laksanakan hari ini adalah merupakan satuan latihan yang dilakukan Lanud I Gusti Ngurah Rai, dengan tujuan melihat protap yang kita miliki dalam menghadapi kontigensi ataupun eskalasi ancaman di wilayah Lanud I Gusti Ngurah Rai,” ujar Danlanud I Gusti Ngurah Rai, Kolonel Pnb Reza R.R Sastranegara, Rabu (27 Oktober 2021).

Apakah prosedur tetap atau protap yang saat ini dimiliki apakah masih berlaku apakah perlu kita revisi atau dikembangkan, maka dari itu kita lakukan simulasi latihan ini.

Dimana dalam kegiatan hari ini dua latihan dilakukan pertama adalah pengamanan VVIP dan penanggulangan huru hara, dilakukan secara terbatas tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Dalam hal ini kita melatih seluruh anggota Lanud I Gusti Ngurah Rai untuk bisa tanggap dan responsif terhadap eskalasi yang terjadi dengan satuan pengamanan serta satuan pertahanan yang dimiliki.

“Tujuannya adalah untuk melatih taktik maupun koordinasi dan komunikasi yang dilaksanakan saat eskalasi terjadi.

Halaman
12