Berita Bali

UPDATE: Cari 9 ABK yang Masih Hilang, Basarnas Bali Perluas Area Pencarian Tenggelamnya KM Liberty 1

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Personel Basarnas Bali tengah melanjutkan proses pencarian KM Liberty 1

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA - Proses pencarian tenggelamnya KM Liberty 1 terus dilakukan oleh Basarnas Bali bersama unsur SAR lainnya hingga hari ini.

“Ada beberapa upaya yang kita lakukan dalam pencarian 9 ABK ini, yang pertama kita menggunakan kapal kita sendiri yaitu kapal Basarnas dan hari ini masih berada di lokasi utara perairan utara Bali dan sepeken Madura. Kemudian kita perlebar dan perluas area pencarian,” ujar Kepala Basarnas Bali, Gede Darmada, Rabu (27 Oktober 2021).

Upaya-upaya lain juga dilakukan seperti menggunakan aplikasi sistem e-broadcasting, dimana kapal-kapal yang memiliki sarana komunikasi nanti dikendalikan oleh Basarnas sebagai Command Center untuk memblast menginformasikan kepada semua kapal yang melewati di area utara Bali sekiranya ada yang menemukan dan melihat dalam lintasannya korban yang terapung untuk melakukan evakuasi dan memberikan bantuan SAR.

Upaya ketiga, Basarnas juga optimalkan dengan seluruh stasiun radio pantai yang ada, baik di Madura, Bali Utara, Lombok, memasuki Surabaya dan NTT berharap broadcast stasiun pantai kepada kapal-kapal nelayan yang ada sekitar sana untuk memberikan bantuan SAR.

Baca juga: 9 ABK Masih Hilang, KM Liberty 1 Tenggelam di Perairan Utara Bali

“Tadi kita juga telah berkomunikasi selain kapal Arjuna, TNI AL juga akan siap membantu.

Personel sementara yang on board di kapal Basarnas 22 orang, wilayah Bali kita cover dari personel dari Pos SAR Buleleng 12 orang.

Rencana juga akan bergabung personel Lanal dalam pencarian,” imbuhnya.

Kondisi cuaca yang kita tangkap dalam pencarian berdasarkan ramalan dari BMKG dimana rata-rata ketinggian gelombang mulai dari 0,5 sampai 1,5 meter, artinya sampai saat ini masih kondusif untuk melakukan pencarian baik dari segi arus, kecepatan angin maupun ketinggian gelombang.

Kondisi 6 ABK KM Liberty 1 yang selamat semuanya dalam kondisi sehat, hanya saja kemarin karena kondisi BBM kapal Dipasena terbatas dan membawa logistik sehingga disepakati sama pemilik KM Liberty 1 langsung menuju tujuan Dipasena saja atau Sumbawa Barat.

Halaman
12