Berita Bali

ForBALI Salurkan Bantuan Kepada Korban Bencana Gempa Bumi di Desa Ban Karangasem

Penulis: Putu Supartika
Editor: Harun Ar Rasyid
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Penyaluran bantuan yang dilakukan ForBALI kepada masyarakat yang terdampak gempa di Desa Ban Karangasem

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR- Minggu 7 November 2021 ForBALI (Forum Rakyat Bali Tolak Reklamasi Teluk Benoa) mengirimkan sejumlah donasi kepada masyarakat korban bencana Gempa Bumi di Desa Ban Karangasem.

Adapun bantuan tersebut berupa tandon berukuran jumbo yang menampung 5000 liter, tandon 550 liter serta sembako seperti beras dan mie instan.

Koordinator ForBALI I Wayan "Gendo" Suardana mengatakan ForBali selalu melakukan respon atas bencana yang terjadi utamanya di Bali.

“Dengan tindakan solidaritas yang kami lakukan sedari awal ForBALI berdiri dalam setiap peristiwa kebencanaan tidak hanya di Bali tapi juga di luar Bali,” kata Gendo.

"Argumentasi yang sama juga melatarbelakangi tindakan solidaritas kami terhadap bencana gempa yg menimpa saudara kami di karangasem" imbuhnya.

Baca juga: UPDATE Kasus Pengeroyokan di Kuta, Polisi: Sebelum Penyerangan Ada Komunikasi antara Korban & Pelaku

Penyaluran bantuan yang dilakukan ForBALI kepada masyarakat yang terdampak gempa di Desa Ban Karangasem (istimewa)

Gendo mengatakan ForBALI dibangun dengan semangat solidaritas, dibangun dari kepedulian terhadap lingkungan hidup dan kemanusiaan termasuk memang punya kekhususan advokasi reklamasi Teluk Benoa.

“Dalam pivot kajian ekologi teluk benoa, kajian kami adalah terkait dengan kebencanaan. Itulah salah satu hal yg membuat ForBALI jg aktif dalam merespon isu bencana alam pun bencana ekologi” imbuhnya.

Adapun posko peduli untuk membantu korban bencana masih dibuka dan posko bertempat di Jalan Dewi Madri IV no. 2 Denpasar.

Baca juga: Dapat Merenggut Jiwa, Ketahui Gejala Sindrom Gangguan Pernapasan Akut 

Sementara itu, Perbekel Desa Ban I Gede Tamu menerima sejumlah bantuan tersebut bersama para relawan di desa tersebut.

I Gede Tamu sangat mengapresiasi kedatangan rombongan ForBALI dalam memberikan sumbangan kepada masyarakat di Desa Ban.

Ia menceritakan terkait keadaan pasca gempa, ia mengatakan bahwa ada 9 banjar yang terdampak akibat bencana tersebut, dan rata-rata rumahnya rusak dan butuh renovasi.

“Bantuan seperti seng dan semen amatlah membantu bagi warga kami yang rumahnya rusak akibat gempa, dan untuk kebutuhan makanan kami perhitungkan sudah terkumpul untuk kebutuhan satu bulan kedepan,” katanya. (*)