Berita Bali

Tinjau Pantai Pandawa, Ketua DPR Puan Maharani Minta MCK Lebih Representatif

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua DPR RI Puan Maharani saat mengunjungi pantai pandawa pada Rabu 28 September 2022.

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA - Bupati Badung Giri Prasta mendampingi kunjungan kerja Ketua DPR RI Puan Maharani ke Pantai Pandawa pada Rabu 28 September 2022.

Kunjungan kerja Puan Maharani ke Bali kali ini guna menghadiri kegiatan transplantasi terumbu karang, pelepasan tukik, gerakan bersih-bersih pantai dan penataan kios/warung dalam rangka program "Kebijakan Menuju Ekonomi Biru" Cintai Laut Dengan Aksi Nyata.

Selain itu juga Puan menyapa seluruh warga desa kutuh yang hadir pada kegiatan tersebut dan melakukan diskusi dengar pendapat mengenai harapan untuk pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

"Syukur alhamdulilah saya hari ini datang ke pantai pandawa, ternyata pantai nya bagus banget. Saya kayaknya belum pernah datang kesini. Saya datang untuk kemudian bersama-sama dengan Pak Bupati dan Wakil Gubernur untuk nantinya rencananya akan merenovasi kios di kawasan pantai pandawa ini," ujar Puan.

Dari laporan yang disampaikan kepadanya di pantai pandawa akan ada 51 kios yang dibangun (renovasi) sehingga kios nya itu akan lebih baik dari yang sekarang.

"Tadi juga saya sudah pesan harus baik, bersih kemudian terawat. Sehingga kalau datang kesini semuanya itu tertata dengan baik, Bali bisa menjadi lebih bagus lebih baik dan kebersihannya terjaga," imbuhnya.

"Saya juga minta MCK atau toiletnya itu dibangun lebih baik. Setuju gak? Apalagi perempuan ya kalau main ke pantai sesudahnya susah kalau toilet dan MCK nya tidak bersih atau tidak representatif. Benar atau enggak?," sambung Puan.

Renovasi kios atau warung di pantai pandawa akan dimulai pada bulan Oktober mendatang dan ditargetkan Desember sudah selesai langsung dapat ditempati.

"Jadi insyallah bulan Oktober ini akan dibangun kemudian dalam waktu tiga bulan akan selesai. Dan ini saya minta supaya pantai pandawa ini ekonomi birunya bisa terawat. Tadi saya minta untuk nantinya menanam terumbu karang akan ditanam tiga meter bawah laut, saya tanya berapa lama ini akan tumbuh. Katanya dua bulan, dua bulan lagi saya akan kesini saya ikut snorkling liat dibawah tumbuh atau tidak. Dan ini pantainya bagus banget," papar Puan dihadapan warga desa kutuh yang hadir.

Sementara itu, Bupati Badung Giri Prasta menyampaikan program ekonomi biru adalah bagaimana kita sebagai warga masyarakat bisa menikmati pantai dan laut sebagai destinasi wisata serta juga menjadi sumber ekonomi kerakyatan yang ada.

"Dan kita harus menjaga biota laut dengan baik itu salah satu contoh. Begitu juga dengan kekayaan laut yang ada ini bisa kita jadikan UMKM seperti misalnya kerupuk, ikannya, rumput lautnya dan lain sebagainya. Kita lakukan dan berdayakan di Kabupaten Badung ini dengan tujuan bagaimana masyarakat Badung menjadi tuan rumah sendiri. Termasuk juga pembangunan kios-kios," jelas Bupati Badung Giri Prasta.

Giri Prasta menambahkan dimana inti daripada program ekonomi biru adalah pelestarian lingkungan baru pemberdayaan.

Dan program ekonomi biru di Badung ini akan diterapkan pada semua destinasi wisata pantai yang ada di wilayah Kabupaten Badung seperti pantai pandawa, kedonganan, kuta dan lainnya akan kita lakukan dengan baik.

Pada sesi dengar pendapat ada lima perwakilan dari berbagai latar belakang dipilih Puan Maharani untuk maju kedepan untuk menyampaikan harapan dan keluhannya.

Halaman
12