Berita Denpasar

UPDATE - Nama Tercatut Dalam SIPOL, 44 Warga Denpasar Lapor ke KPU

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Komisioner KPU Denpasar, I Made Windia saat ditemui Tribun Bali pada Kamis 29 September 2022. Sebut saat ini KPU Denpasat tengah melakukan klarifikasi laporan masyarakat.

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Sejumlah warga Denpasar melapor ke KPU Denpasar soal pencatutan namanya dalam SIPOL KPU RI.

Hal tersebut disampaikan oleh Komisioner KPU Denpasar, I Made Windia kepada Tribun Bali pada Kamis 29 September 2022.


I Made Windia menuturkan, saat ini KPU Denpasar tengah mengklarifikasi tanggapan masyarakat terkait pencatutan data di SIPOL KPU RI.


“Hari ini, dan juga dari sebelumnya, kami melaksanakan klarifikasi terhadap tanggapan masyarakat.”

Baca juga: Temuan KPU Bali Soal 116 Akta Kematian, Disdukcapil Provinsi Bali Akan Gunakan Asas Contrarius Actus


“Jadi masyarakat yang merasa namanya, atau mengetahui namanya masuk dalam partai politik, masyarakat dapat mendatangi kantor KPU Kota Denpasar untuk kami lakukan klarifikasi dengan yang bersangkutan dan juga penghubung partai politik,” ucap I Made Windia saat ditemui Tribun Bali pada Kamis 29 September 2022.


Berdasarkan data yang diperoleh dari I Gusti Gede Made Gustem Lasida selaku Sub Bagian Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Partisipasi, dan Hubungan Masyarakat KPU Kota Denpasar menuturkan, per tanggal 29 September 2022 pukul 14.30 WITA, sebanyak 44 Warga Denpasar telah melapor ke KPU Denpasar terkait pencatutan nama dalam SIPOL KPU RI.


Pelaporan tersebut telah dirangkum, baik yang melapor melalui link tanggapan masyarakat, dan mendatangi kantor KPU Kota Denpasar.

Baca juga: Bawaslu Bali Gelar Rapat Bersama Stakeholder, Undang KPU Hingga Partai Politik

“Tanggapan masyarakat, yang sudah melapor, sudah 43 orang. Ini ada 1 lagi, jadi total 44 orang yang melapor.”


“44 orang itu sudah termasuk yang lapor lewat link, dan juga datang ke KPU Denpasar,” jelas Lasida saat ditemui Tribun Bali pada Kamis 29 September 2022.


Lebih lanjut, I Made Windia selaku Komisioner KPU Denpasar menuturkan, pelaporan masyarakat ke KPU terkait pencatutan nama di SIPOL KPU RI, direncanakan berlangsung hingga 7 Desember 2022.

Baca juga: 36 Data Ganda Eksternal dari 12 Parpol, KPU Denpasar Panggil LO Parpol dan Pemilik Data Hari Ini


“Sampai dengan 7 Desember 2022,” ucap Made Windia saat ditemui Tribun Bali di Kantor KPU Denpasar.

Kendati telah ditetapkan jadwal hingga 7 Desember 2022, I Made Windia menuturkan, masih menunggu instruksi lebih lanjut dari KPU RI jika nantinya setelah tanggal tersebut masih ada laporan dari masyarakat terkait pencatutan nama di SIPOL KPU RI.


“Kami menunggu kebijakan dari KPU RI, prosesnya setelah tanggal itu bagaimana. Apakah ada tindak lanjut atau bagaimana,” pungkas Komisioner KPU Denpasar, I Made Windia. (*)

 

 

Berita lainnya di Berita Denpasar

Berita Terkini