Berita Karangasem

Dua Titik Ruas Jalan di Amerta Buana Karangasem Rusak, Satu Putus Total

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Jalan Muntig - Sukaluwih, Desa Amerta Buana, Karangasem, Bali putus total dengan panjang 7 meter.

TRIBUN-BALI.COM, KARANGASEM - Tiga titik ruas jalan di Desa Amerta Buana, Kecamatan Selat, Karangasem, Bali, rusak parah setelah diguyur hujan cukup lama.

Dua ruas jalan terputus dan tidak bisa dilalui kendaraan dan warga sedangkan sisanya tergerus hingga setengah badan jalan.

Perbekel Amerta Buana, I Wayan Seriasa, mengatakan, tiga ruas jalan yang terputus serta tergerus adalah ruas jalan yang menghubungkan Muntig - Sukaluwih, Desa Amerta Buana.

Baca juga: Warga Banjar Kedampal Karangasem Geger, Buruh Bangunan Tewas di Cubang

Jalan ini putus total, dan tidak bisa dilalui kendaraan serta pejalan kaki. Panjangnya jalan  yang terputus 7 meter.


Kedua ruas jalan Geriana Kauh - Sukaluwih, Desa Amerta Buana. Jalan ini juga putus total dan tak bisa dilalui kendaraan roda 2, 4, serta pejalan kaki. Panjangnya jalan yang putus diperkirakan mencapai 15 meter. 

Lokasinya di dekat Sungai Sengka, Banjar Dinas Sukaluwih, Amerta Bhuana.


"Kalau yang ketiga yakni ruas jalan dari Pura Puseh - Pura Dalem, Banjar Sukaluwih. Jalan hanya tergerus setengah badan jalan, sepanjang 15 meter. Jalanan msih bisa dilalui kendaraan roda 2 dan 4. Tapi harus hati - hati, waspada,"ungkap Seriasa, Kamis 17 November 2022.

Baca juga: BPBD Karangasem Tanam Ribuan Bibit Pohon di Temukus


Mantan Kadus Sukaluwih mengungkapkan, ketiga ruas jalan rusak Rabu (16/11/2022) malam hari. Untungnya tak ada korban. Saat kejadian jalan sepi, tak ada kendaraan. 

Sementara warga yang beraktivitas harus lewat jalan alternatif yang jaraknya lumayan jauh, serta lebar jalan agak kecil.


"Ini sebenarnya jalan utama warga yang hendak ke pasar, sembahyang, dan sekolah. Akibatnya aktivitas masyarakaat sedikit terhambat. Untuk sementara warga memakai jalan alternatif serta memutar," ujar Seriasa.

Baca juga: 243 Unit Kendaraan Operasional Pemda Karangasem Bali Akan Dilelang


Desa sudah berkoordinasi dengan Dinas PUPR Karangasem, mengingat jalanan yang putus berstatus kabupaten.

Untuk ruas jalan Muntig - Sukaluwih kemungkinan diperbaiki tahun 2022, dan segera akan dikerjakan.

"Segera dikerjakan. Alat beratnya sudah ada di lokasi,"tambahnya.


Kabid Bina Marga, Dinas PUPR Kabupaten Karangasem, I Wayan Surata Jaya, mengatakan, terkait jembatan Muntig menuju Sukaluwih yang jebol dan putus pastinya akan ditangani 2022.

Halaman
12

Berita Terkini