Piala Dunia 2022 Qatar

Preview Inggris vs Wales Piala Dunia 2022: Lebih Baik Perang di Lapangan daripada Perang Sungguhan

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Para pemain Timnas Inggris usai laga melawan USA di penyishan Grup C Piala Dunia 2022. Inggris akan melawan Wales pada laga ketiga penyishan Grup, 30 November 2022 mendatang

TRIBUN-BALI.COM, DOHA - Pada 30 November 2022 nanti, tim Wales akan berhadapan dengan tim England pada lanjutan laga di Grup B Piala Dunia (FIFA World Cup) 2022 Qatar.

Bagi sejumlah orang, ini adalah laga yang aneh di ajang Piala Dunia di mana tim-tim yang bertanding mewakili negara masing-masing. Untuk diketahui, England dan Wales sebetulnya sama-sama dari negara yang sama, yakni United Kingdom atau Inggris Raya.

Tetapi, demikianlah kenyataan di Piala Dunia selama ini.

Empat tim dari satu negara Inggris Raya (yakni England, Walas, Skotlandia, Irlandia Utara) sama-sama diberi kesempatan FIFA untuk memperebutkan tiket ke Piala Dunia.

Baca juga: Piala Dunia 2022, Timnas Kamerun Punya Misi Untuk Menang Kala Melawan Timnas Serbia

Bagaimana andaikata hanya ada satu tim Inggris Raya saja di Piala Dunia, yang merupakan peleburan dari empat tim tersebut ?

Konsekuensinya bisa berat. Bahkan bisa saja terpicu perang saudara.

Oleh karena itu, pilihannya adalah lebih baik perang saudara di lapangan bola daripada perang saudara sungguhan.

Mengapa bisa demikian?

Memang, tidak sedikit yang penasaran mengapa negara Inggris Raya (United Kingdom) diizinkan oleh FIFA memiliki tim-tim yang berbeda di Piala Dunia (FIFA World Cup), kok tidak satu tim saja atas nama Inggris Raya.

Bahkan tidak hanya di Piala Dunia, di ajang EURO pun tersedia empat tiket untuk masing-masing empat wilayah otonomi di Inggris Raya itu (yakni England, Wales, Skotlandia dan Irlandia Utara).

Padahal, pasal 11 paragraf 1 aturan FIFA menyebutkan: "Hanya satu asosiasi (sepak bola) yang diakui sebagai asosiasi anggota (FIFA) di setiap negara.”

Mengingat FIFA mendefinisikan "negara" sebagai "negara merdeka yang diakui oleh komunitas internasional", maka semestinya hanya ada satu tim untuk negara Inggris Raya di Piala Dunia, bukan lebih dari satu tim seperti saat ini.

Di kursi keanggotaan PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa), misalnya, hanya ada satu kursi untuk Inggris Raya.

Baca juga: Piala Dunia 2022, Timnas Serbia Akan Coba Jegal Timnas Kamerun Hari Ini

Demikian pula, kontingen yang tampil di Olimpiade adalah atas nama Inggris Raya. Tidak ada kontingen England (biasa diterjemahkan “Inggris” saja), Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara.

Halaman
1234

Berita Terkini