UMP Bali

Masih Digodok Dewan Pengupah, UMK Badung, Bali Belum Ditetapkan

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kepala Disprinaker Badung Putu Eka Mertawan - Pemerintah Kabupaten Badung hingga kini belum memutuskan besaran kenaikan Upah Minimum Kabupaten (UMK) 2023 meski UMP Bali telah ditetapkan naik 7,8%.

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Pemerintah Kabupaten Badung hingga kini belum memutuskan besaran kenaikan dari Upah Minimum Kabupaten (UMK) 2023.

Meski, Upah Minimum Provinsi (UMP) Bali tahun 2023 telah ditetapkan naik sebesar 7,81 persen atau sebesar Rp 196.701,28 dari tahun ini.

Kendati demikian, saat ini besaran UMK di Badung masih Digodok oleh Dewan Pengupah.

Namun dalam minggu ini pasti akan diumumkan besaran UMK di Gumi Keris.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Badung, Putu Eka Mertawan saat dikonfirmasi Senin 28 November 2022 tak menampik hal tersebut.

Pihaknya mengaku bahwa penghitungan UMK 2023 tengah digodok oleh dewan pengupahan.

“Tunggu ya, kami masih dalam proses, Minggu ini ada keputusannnya dan saat ini masih digodok,” kata birokrat asal Sempidi Badung itu.

Kendati demikian, penetapan UMK 2023 di Kabupaten Badung akan lebih tinggi dibandingkan tahun 2022.

Kenaikan ini merujuk pada kondisi ekonomi di Gumi Keris yang menunjukan pertumbuhan positif pasca Covid-19.

Baca juga: Sah! UMP Bali Naik 7,8 Persen, Disnaker Bali Minta Kabupaten/Kota Hitung UMK

Hanya saja, persentase peningkatan UMK yang akan ditetapkan masih dalam proses pembahasan. Pihaknya pun mengakui, jika sebelumnya diundang oleh Disnaker Bali pada 15 November lalu untuk melakukan pembahasan UMK tersebut.

“Pada kesempatan itu, semua kabupaten hadir dalam rapat itu, nah Badung salah satu kabupaten yang akan disesuaikan (peningkatan-red),” ungkapnya.

Sebelumnya, Eka Mertawan mengatakan pembahasan mengenai UMK 2023 telah dilakukan sejak 15 November lalu hingga 22 November mendatang.

Sebab, pengumuman resmi terkait UMK 2023 rencananya akan dilakukan pada 30 November.

“Prosesnya sudah dari 15 November lalu, jadi kami tidak semena-mena menentukan. Berdasarkan jadwal, sebelum UMK ditetapkan terlebih dahulu diumumkan UMP Bali 2023 dilanjutkan dengan pembahasan dan penyerahan berkas usulan UMK 2023, Setelah disepakati baru diumumkan pada 30 November,” terangnya.

Halaman
12

Berita Terkini