Inilah Tragedi Kecelakaan Pesawat Pertama di Bali: Pan Am American

Mungkin banyak masyarakat Bali yang tidak tahu bila di Padang Galak, Sanur, Bali terdapat monumen Tragedi Pan Am American Airways.

Inilah Tragedi Kecelakaan Pesawat Pertama di Bali: Pan Am American
Tribun Bali
Untuk mengingatkan sejarah sekaligus menyucikan arwah dari 107 korban tragedi pada 22 April 1977 itu, Sabtu (23/5/2015) kemarin, digelar acara Atma Wedana di Padang Galak, Denpasar, Bali. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Mungkin banyak masyarakat Bali yang tidak tahu bila di Padang Galak, Sanur, Bali terdapat monumen Tragedi Pan Am American Airways.

Untuk mengingatkan sejarah sekaligus menyucikan arwah dari 107 korban tragedi pada 22 April 1974 itu, Sabtu (23/5/2015) kemarin digelar acara Atma Wedana di Padang Galak.

Sejumlah pinandita dan perwakilan konjen dari 11 negara yang warganya menjadi korban menghadiri upacara peringatan yang baru kali pertama digelar tersebut.

Selain korbannya dua warga Bali, korban tragedi Pan Am American berasal dari Australia, Perancis, Kananda, Jerman, China, India, Jepang, Filipina, Swedia, dan Amerika Serikat.

Upacara dimulai pukul 15.00 Wita yang dipimpin oleh Ida Pedanda Sebali Tianyar Arimbawa (PHDI Pusat), kemudian dilanjutkan dengan ritual Agnihotra.

Upacara diakhiri dengan melarung (menghanyutkan) perangkat upacara di Pantai Padang Galak.

Upacara dihadiri anggota DPD asal Bali, I Gusti Ngurah Arya Wedakarna, Wakil Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jayanegara, dan tokoh adat Kesiman.

"Ternyata masih ada yang lupa dengan sejarah ini, bahwa ternyata juga ada monumen di sini. Memang kejadiannya di Gerokgak Buleleng namun dibuatkan monumen di Padang Galak," ujar Wedakarna sebelum acara.

Monumen tersebut didirikan oleh Bupati Badung Wayan Dana dan Gubernur Bali Soekarmen.

Sejak kejadian tragedi 22 April 1974, baru kali ini dilakukan doa dan upacara di monumen Tragedi Pan Am American Airways.

Halaman
12
Penulis: I Nyoman Mahayasa
Editor: Uploader bali
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved