TribunBali/

Citizen Journalism

Desa Dangin Puri Kangin Kembali Raih Juara

Piagam diterima oleh Perbekel Desa Dangin Puri Kangin, IGN Putrawan dengan senyum mengembang pada acara rembug desa yang dihadiri Menteri.

Desa Dangin Puri Kangin Kembali Raih Juara
Deri Yulianti
Wakil Gubernur Bali, Ketut Sudikerta menyerahkan piala kepada Perbekel Desa Dangin Puri Kangin IGN Putrawan di Taman Budaya, Denpasar, Bali, Jumat (4/8/2017). 

Oleh: Deri Yulianti
Warga Drupadi, Denpasar

DENPASAR - Desa Dangin Puri Kangin, Denpasar, Bali, meraih juara 2 dalam Lomba Desa Tingkat Provinsi Bali Tahun 2017 dalam bidang Tata Kelola Pemerintahan Penataan Desa di Bali, pada Acara Rembug Desa Provinsi Bali di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya (Art Centre), Jalan Nusa Indah, Denpasar, Bali, Jumat (4/8/2017).

Piagam diterima oleh Perbekel Desa Dangin Puri Kangin, IGN Putrawan dengan senyum mengembang pada acara rembug desa yang dihadiri Menteri Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, Wakil Gubenur Bali Ketut Sudikerta dan seluruh perbekel di Bali.

“Desa Dangin Puri Kangin telah ditetapkan sebagai Desa Labsite tingkat nasional di bidang tata kelola kota pemerintahan desa. Di wilayah Dangin Puri Kangin termasuk dalam Desa Pendidikan dengan konsep menata lingkungan pendidikan agar terhindar dari obat-obat terlarang, kami bersinergi dengan Yayasan LABC dan teknisnya dengan BNN Kota dan Provinsi. Kegiatan lainnya dipadukan dengan kegiatan pecalang di banjar, petugas perangkat desa di bidang satuan limas pengamanan lingkungan,” ujar IGN Putrawan.

Sebelumnya, Desa Dangin Puri Kangin mendapat piagam penghargaan sebagai Desa Pegiat Anti Narkoba pada Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) yang diserahkan oleh Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Golose di Gedung Kertha Gosana, Puspem Badung, Kamis (13/7).

Menurut IGN Putrawan, karena Bali darurat Narkoba, banjar-banjar dan perangkat desa menyosialisasikan aturan dan sanksi terhadap pelanggaran penggunaan Narkoba.

"Juga dilakukan penertiban siswa yang bolos pada jam pelajaran sekolah, kerjasama dengan KPA agar siswa terhindar dari miras dan narkoba. Kegiatan ini dilakukan secara rutin dari 2013. Dan setelah dievaluasi oleh BNN kota, oleh karena kegiatan tersebut kami diajukan sebagai nominator Desa Penggiat Anti Narkoba 2017.”

Masuk dalam kategori Desa cepat berkembang, dan Juara 2 Desa Terpadu, Tata Kelola Pemerintahan, Desa Dangin Puri Kangin menjadi tujuan kunjungan dari kepal desa di Minahasa Utara, Minahasa Selatan, Jambi, Deli dan Serdang Bedagai atas rekomendasi dari Kemendagri Bidang Penataan Desa.

“Kami secara faktual. Kami akuntable di Pusat. Jadi kalau ada yang berkunjung ke Bali, khususnya ke Denpasar, pasti berkunjung ke Desa Dangin Puri Kangin,” kata IGN Putrawan yang juga Sekretaris II Forum Perbekel Bali.

“Kami sebagai perbekel sangat berbahagia. Bersyukur karena di daerah kami, terutama penduduk asli, tidak ada yang terkena Narkotika. Jadi warga sudah menyadari bahwa narkotika membuat habis hidupnya secara material, fisik , bahkan bisa sampai meninggal dunia,” ujarnya. (*)

Editor: Kander Turnip
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help