Piala Dunia 2018

Ada Catatan Mencengangkan Soal Neymar di Usia 26 Tahun, Menariknya Bukan Soal Wanita

Neymar semestinya membuat banyak bek lawan menerima kartu kuning atau diusir, bukan sebaliknya.

Ada Catatan Mencengangkan Soal Neymar di Usia 26 Tahun, Menariknya Bukan Soal Wanita
instagram
Neymar (kanan) berpose dengan gadis Octagon Ultimate Fighting Championship, Jhenny Andrade, dalam perayaan pesta di Barcelona, Spanyol, Kamis (31/12/2015). 

TRIBUN-BALI.COM - Sosok nyentrik penyerang Timnas Brasil, Neymar da Silva Santos Júnior ternyata memiliki catatan mencengangkan di dunia sepak bola. Pemain kelahiran 5 Februari 1992 (usia 26 tahun) ternyata sudah mengoleksi 149 kartu kuning dan empat kartu merah sepanjang kariernya.

Terakhir kali Neymar menerima kartu kuning saat membela Brasil di laga Grup E Piala Dunia 2018 kontra Kosta Rika, Jumat (22/6/2018). Kartu peringatan yang meluncur dari kantong wasit Bjorn Kuipers adalah yang ke-149 diterima Neymar dalam karier profesionalnya.

Dari jumlah tersebut, 4 di antaranya merupakan kartu kuning kedua yang membuat sang pemain meninggalkan laga lebih cepat. Setidaknya ada 2 hal yang membuat 'pencapaian' Neymar dalam kariernya ini mencengangkan.

Pertama tak lain karena Neymar baru berusia 26 tahun dan baru menjalani dekade pertama kariernya. Artinya, Neymar menerima tak kurang dari 15 lembar kartu setiap musimnya. Hal kedua tentu saja menimbang posisi sang pemain sebagai striker. Neymar semestinya membuat banyak bek lawan menerima kartu kuning atau diusir, bukan sebaliknya.

Setidaknya dari data yang dirangkum Soccerway sebagaimana dilansir BolaSport.com, Neymar pertama kali mendapatkan kartu kuning saat membela Santos di leg kedua semifinal Campeonato Paulista 2009 kontra Palmeiras pada 18 April 2009. Santos menang 2-1 dan lolos ke laga puncak dengan agregat 4-2.

Adapun Neymar turut menyumbang sebiji gol dalam kemenangan dengan skor serupa di leg pertama. Kartu kuning perdana ini hanya berjarak sebulan dari debut profesional Neymar, yakni pada 7 Maret 2009 kontra Oeste di Campeonato Paulista.

Baca: Cara Penyanyi Dua Lipa Dukung Selebrasi Pemain Timnas Swiss Shaqiri dan Xhaka

Palmeiras kembali menjadi cerita penting dalam perjalanan kartu Neymar. Beradu di ajang Campeonato Paulista A1, Neymar menerima kartu merah pada menit ke-81 laga yang berlangsung pada 14 Maret 2010 tersebut.

Selama di Santos, Neymar menerima total 71 kartu kuning (2 di antaranya merupakan kartu kuning kedua dalam pertandingan) dan 3 kartu merah.Kecenderungan Neymar menerima kartu tak hilang selepas hijrah dari Santos.

Baca: Banjir Penalti Warnai Piala Dunia Rusia, Lima Penalti Lagi Lampaui Rekor Piala Dunia 2002

Penyerang kelahiran Mogi das Cruzes ini mengantongi 44 kartu kuning di Barcelona (1 kartu kuning kedua) dan 9 peringatan kala berseragam PSG (1 kali kartu kuning kedua). Saat berseragam timnas, kartu kuning pertama Neymar terjadi saat memperkuat Brasil U-20 melawan Paraguay U-20 pada 18 Januari 2011 di ajang Copa Sudamericana U-20.

Lima bulan berselang, tepatnya di laga persahabatan kontra Belanda pada 4 Juni 2011, Neymar menerima kartu kuning pertamanya di Selecao. Neymar menerima total 3 kartu kuning ketika membela Timnas U-20 Brasil, 1 saat berseragam Timnas U-23 Brasil, dan 21 sisanya kala membela timnas senior.

Adapun satu-satunya kartu merah yang pernah didapatkan Neymar kala berseragam timnas terjadi saat kalah 0-1 melawan Kolombia di laga fase grup Copa America 2015 pada 18 Juni 2015. (*)

Editor: Rizki Laelani
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved