Ingin Belajar Membuat Komik? Yuk Ikuti Acara Ini Esok di Bentara Budaya Bali

Minggu (16/9/2018) esok, akan ada Kelas Kreatif Bentara membuat komik bersama Comicotopia dan Bentara Muda Bali

Ingin Belajar Membuat Komik? Yuk Ikuti Acara Ini Esok di Bentara Budaya Bali
Istimewa
Cuplikan komik Bhurloka. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Minggu (16/9/2018) esok, akan ada Kelas Kreatif Bentara membuat komik bersama Comicotopia dan Bentara Muda Bali.

Acara ini akan dimulai pukul 15.00 WITA.

Dalam Kelas Kreatif Bentara kali ini akan mengetengahkan lokakarya membuat komik, kerja sama Komunitas Comicotopia Bali dengan Bentara Muda Bali.

Pada program ini akan memadukan antara pembekalan teori dan praktik.

Tidak hanya mengulas dasar-dasar membuat komik, namun akan dibincangkan pula mengenai perbedaan antara ilustrasi, karikatur, dan komik, beserta kiat-kiat membangun karakter dalam sebuah karya komik.

Ada pula pembahasan terkait perkembangan komik pada era digitalisasi, yang mendorong para kreatornya terbuka pada berbagai kemungkinan baru penciptaan, baik pilihan tematik, gaya, terlebih cara menghadirkan karya-karya mereka ke ruang publik, semisal kemunculan komik digital di Korea sejak tahun 2002, Webtoon atau komik Internet atau webcomic.

Hal ini yang memungkinkan para komikus menghadirkan komik ciptaannya secara serentak dan seketika diakses di seluruh dunia.

Acara ini juga merupakan kelanjutan dari workshop dan dialog yang diselenggarakan sebelumnya, yakni seputar “Sosok Ikonik Dunia Kartun Indonesia” bersama Jango Pramartha dan Timbang Pandang serangkaian Pameran Ilustrasi Aplikatif dan Komik Tradisi Bali pada bulan Juli 2018 lalu.

Narasumber dalam acara ini yaitu Ai Shuma dan Gabriel Pt Dedi dari Komunitas Comicotopia.

Ai Shuma adalah pendiri Komunitas Comicotopia Bali dan pencipta komik “Bhurloka” yang sudah dipublikasikan di aplikasi web komik Ciayo.

Ia merupakan alumni ISI Denpasar, jurusan Desain Komunikasi Visual.

Sebelumnya ia pernah bekerja sebagai colorist di Tantraz Comics Bali, dan kini aktif sebagai freelance.

Sedangkan, Gabriel Pt Dedi adalah komikus dari komik official Line Webtoon berjudul Bingkai Titik dan merupakan alumnus DKV UK Petra Surabaya.

Karyanya berjudul “Titik Balik” meraih Juara 1 LINE Creative Webtoon Competition 2017, juga meraih Juara 1 pada ITB Fair Comic & Caricature Competition 2012 dengan karyana berjudul “Kopi Mr. Luwak”. (*)

Penulis: Putu Supartika
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved