Dialog Budaya "Selampah Laku" IBM Dharma Palguna akan Digelar di Bentara Budaya Bali

Bentara Budaya Bali kali ini mengetengahkan sebuah Dialog Budaya membincangkan peran intelektual dan pandangan kebudayaan IB Made Dharma Palguna

Dialog Budaya
Bentara Budaya Bali
IBM Palguna 

Tribun-Bali.Com, Denpasar - Bentara Budaya Bali (BBB) kali ini mengetengahkan sebuah Dialog Budaya membincangkan peran intelektual dan pandangan kebudayaan Ida Bagus Made Dharma Palguna secara holistik.

Acara berlangsung pada Jumat (11/1/2019) di Jl. Prof. Ida Bagus Mantra Nomor 88A, bypass Ketewel, Sukawati, Gianyar.

Tajuk dialog adalah “Selampah Laku” merujuk karya budayawan mumpuni Bali, Ida Pedanda Made Sidemen (1858-1984), yang juga menjadi guru batin dari IBM Dharma Palguna.

Sebagai narasumber yakni sahabat IBM Dharma Palguna, Dr. I Dewa Gede Palguna, dan “murid”-nya yang juga sastrawan Bali, I Gede Agus Darma Putra.

Keduanya akan menelisik buah perenungan IBM Dharma Palguna seraya menautkannya dengan fenomena kekinian yang bias antara dunia maya dan dunia nyata, sebagai akibat hadirnya era digitalisasi.

Dialog dimaknai pula penampilan musikalisasi dan pembacaan puisi oleh Ida Ayu Dampaty dan Gus Saka dari Laboratorium Studi Teater serta Kelompok Sekali Pentas.

IBM Dharma Palguna yang akrab dipanggil Gus Pal  dilahirkan di Tabanan, Bali, 10 Januari 1962, menuju alam sunya (meninggal) pada 27 Oktober 2017 di Mataram.

Di pelebon pada tanggal 10 Desember 2017.

Ngenteg Linggih 13 Desember 2017 di Pakubwan Watulumbang, Sweta, Mataram-Lombok.

Baca: Duta Banyuwangi Dapat Sambutan Meriah di Festival Budaya Terbesar Timur Tengah

Baca: Pameran Fotografi “Melihat yang Tidak Terlihat” di Bentara Budaya Bali

Baca: Ingin Belajar Membuat Komik? Yuk Ikuti Acara Ini Esok di Bentara Budaya Bali

“Dalam hidupnya yang relatif singkat itu (1962-2017), Gus Palguna telah mewariskan kekayaan intelektual yang sangat sulit dan jarang dapat diberikan oleh intelektual Bali seusianya. Dengan perantaraan pena tajam yang tersurat dalam tulisan-tulisannya, Gus Palguna telah memberi terang perihal hakikat hidup manusia dalam “pertualangannya” dari dan kembali ke asal, menurut cara pandang manusia Bali-Hindu, tanpa menggurui, tanpa menghakimi,” ungkap Dewa Gede Palguna.

Halaman
123
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved