Tingkatkan Pasokan Avtur Bali Nusra, Pertamina Optimalkan Fungsi Terminal BBM Manggis

Pertamina meningkatkan keandalan pasokan Avtur untuk kebutuhan operasional bandara di Bali dan Nusa Tenggara dengan melakukan optimasi pola suplai

Tingkatkan Pasokan Avtur Bali Nusra, Pertamina Optimalkan Fungsi Terminal BBM Manggis
Pertamina
Pendaratan FSO Avtur ke Terminal BBM Manggis, di Karangasem, Bali Jumat (25/1/2019) kemarin. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM, AMLAPURA – Pertamina meningkatkan keandalan pasokan Avtur untuk kebutuhan operasional bandara di Bali dan Nusa Tenggara dengan melakukan optimasi pola suplai.

Optimasi dilakukan dengan mengalihkan pola suplai, yang sebelumnya melalui fasilitas FSO (Floating Storage & Offloading) di wilayah perairan Kalbut, Situbondo, menjadi melalui supply point darat di Terminal BBM Manggis

Hal ini ditandai dengan acara seremonial Pendaratan FSO Avtur ke Terminal BBM Manggis, di Karangasem, Bali Jumat (25/1/2019) kemarin.

Acara ini dihadiri oleh Direktur Logistik, Supply Chain, dan Infrastruktur (LSCI) Pertamina Gandhi Sriwidodo, Senior Vice President (SVP) Shipping Pertamina Erry Widiastono, Direktur Utama Elnusa Petrofin Haris Syahrudin, dan GM Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V Ibnu Chouldum. 

Baca: TRIBUN WIKI - 5 Destinasi di Gianyar Cocok untuk Wisata Keluarga, Ajak Anak Liburan Sambil Belajar

Baca: Pengakuan Otak Pelaku Pembunuhan Janda Muda yang Tewas Dibakar, Asri: Tak Tahan Didatangi Arwah

Baca: TRIBUN WIKI - Menghabiskan Liburan Bareng Orang Tersayang di 4 Destinasi Wisata Badung

GM Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V Ibnu Chouldum mengatakan, Bandara Ngurah Rai di Bali merupakan salah satu bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia, dengan kebutuhan Avtur rata-rata sebesar 2.500 kilo liter per hari.

“Perubahan pola suplai Avtur ini, diharapkan dapat lebih menjamin kemanan pasokan (security of supply) di Bandara Ngurah Rai, dengan memperpendek Round Trip Days dari 3.5 hari menjadi 2.5 hari, karena semakin dekatnya supply point Avtur,” ucapnya, melalui rilis resmi yang diterima Tribun, Sabtu (26/1/2019).

Pertamina juga telah meningkatkan kapasitas penyimpanan Avtur di Terminal BBM Manggis dari 20.000 kilo liter (KL) menjadi 30.000 KL, dan di pertengahan Februari 2019 akan ditingkatkan lagi menjadi 40.000 KL. 

Selain menjaga keandalan pasokan Avtur, perubahan pola suplai ini juga memberikan dampak potensi efisiensi sekitar USD 7.3 juta, atau setara dengan Rp 106 miliar per tahun.

Selain dengan mengurangi penggunaan 1 (satu) kapal FSO type MR yang sandar di perairan Kalbut, Situbondo, efisiensi juga diperoleh dari pengurangan penggunaan 2 (dua) kapal small sebagai dampak pengurangan waktu tempuh ke Dermaga Benoa.

Baca: Jaga Suasana Sakral di Lingkungan Pura, Pamedek Dilarang Gunakan Plastik

Baca: EP Puji Performa BU Hadapi Blitar United, Adaptasi Berjalan Baik di Semua Lini

Baca: 3 Rekomendasi Masker Korea Murah Meriah, Ampuh Bikin Kulit Cerah dan Glowing, Wajib Dicoba, nih!

Halaman
12
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved