Semak Tumbuh di Toilet Pengungsi, Terbengkalai Sepulangnya Warga Terdapak Erupsi Gunung Agung

Beberapa toilet darurat semi permanen telah rimbun ditutupi semak belukar sepulangnya warga terdampak erupsi Gunung Agung

Semak Tumbuh di Toilet Pengungsi, Terbengkalai Sepulangnya Warga Terdapak Erupsi Gunung Agung
Tribun Bali / Fredey Mercury
Kondisi toilet di TK/SD Internasional Kubu yang menjadi lokasi pengungsi erupsi Gunung Agung, Jumat (1/3/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Kondisi sejumlah bangunan di TK/SD Internasional, Kelurahan Kubu, Bangli kembali terbengkalai. Tak terkecuali dengan sisa-sisa fasilitas bangunan bekas pengungsian.

Akhir tahun 2017, lokasi ini menjadi tujuan warga Karangasem untuk mengungsi saat erupsi Gunung Agung.

Pantauan Tribun Bali, Jumat (1/3/2019), terdapat belasan unit toilet darurat di lokasi yang dulunya disebut Ruang Krisna tersebut.

Ada yang berupa bangunan semi permanen, ada pula yang berbahan plastik.

Meski demikian, seluruh fasilitas tersebut diabaikan seiring kepulangan para pengungsi ke kampung halaman masing-masing sekitar bulan Februari tahun 2018.

Kini semak belukar tumbuh subur di areal ini. Beberapa toilet darurat semi permanen telah rimbun ditutupi semak belukar.

Sedangkan pada toilet berbahan plastik, telah dipenuhi rerumputan di bagian dalamnya.

Kepala Dinas Sosial Bangli, I Nengah Sukarta mengatakan, selama ini pihaknya tidak bisa memindahkan maupun merubuhkan bangunan toilet tersebut karena dianggap masih dibutuhkan tatkala Gunung Agung kembali bergolak.

Di lain sisi, Sukarta mengatakan, terkait fasilitas toilet itu sejatinya bukan kewenangan Dinas Sosial, melainkan kewenangan BPBD Bangli.

Sebab, lanjutnya, Dinas Sosial hanya mengurus terkait keperluan pangan. Hal ini pula yang melandasi pihaknya tidak ikut campur terkait tindak lanjut dari keberadaan fasilitas toilet itu.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fredey Mercury
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved