BPJS Kesehatan Denpasar

Tertolong dari Penyakit Jantungnya, Kini Made Lison Nikmati Masa Tuanya Bersama JKN-KIS

I Made Lison, seorang pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang merupakan satu dari sekian banyak penderita penyakit jantung yang sudah tertolong ole

Tertolong dari Penyakit Jantungnya, Kini Made Lison Nikmati Masa Tuanya Bersama JKN-KIS
BPJS Kesehatan Denpasar
I Made Lison, seorang pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang merupakan satu dari sekian banyak penderita penyakit jantung yang sudah tertolong oleh JKN-KIS. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR -  “Saya adalah peserta Askes sejak tahun 1982 dan kini saya dapat merasakan manfaatnya yang sangat besar dari program ini yang telah berganti nama menjadi program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) pada masa tua saya,” cerita Lison saat ditemui di rumahnya.

Kakek energik satu cucu dengan nama lengkap I Made Lison (63) ini adalah seorang pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

I Made Lison atau yang akrab dipanggil Lison merupakan satu dari sekian banyak  penderita penyakit jantung yang sudah tertolong oleh JKN-KIS.

“Awalnya saya berobat ke klinik setelah mengalami nyeri di dada yang sangat membuat tidak nyaman, sungguh di luar dugaan setelah diperiksa dan tes EKG ternyata ada 2 penyumbatan di jantung saya hingga akhirnya saya langsung dirujuk ke Rumah Sakit untuk pemasangan ring jantung tahun 2008 silam, dan kala itu masih menggunakan Askes,” kenang Lison.

Lison mengatakan bahwa ia sangat bersyukur atas kelancaran operasi pertamanya hingga keesokan harinya dia pun sudah diperbolehkan pulang dengan catatan tetap melaksanakan kontrol setiap sebulan sekali.

Semua pengobatan tersebut dijalaninya tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun. Lison dan keluarga pun merasa lega dan tenang karena semua proses pengobatan dilewatinya dengan lancar.

Ring jantung atau cardiac stent adalah sebuah alat kecil yang dimasukkan ke pembuluh darah koroner jantung di bagian yang tersumbat.

Sumbatan tersebut umumnya berasal dari terbentuknya plak (plak dari tumpukan lemak atau kolesterol, yang disebut aterosklerosis).

Dengan dipasang ring maka pembuluh darah yang tertutup akibat plak bisa kembali terbuka sehingga suplai darah bisa kembali lancar dan mencegah terjadinya serangan jantung.

“Sekitar bulan Mei 2018 saat saya kontrol ke dokter ternyata kembali ada penyumbatan di jantung saya sehingga mengharuskan saya untuk kembali menjalankan operasi pemasangan ring di Rumah Sakit Siloam, agak berat tapi harus dijalani demi kesehatan dan keluarga”, cetus Lison.

Lison menambahkan bahwa ia sangat berterimakasih dengan program JKN-KIS yang telah membuat dirinya dapat sehat kembali sehingga masih bisa merasakan nikmat kesehatan sampai saat ini.

Lison pun turut mengedukasi kerabat dekat dan teman sejawatnya untuk menjadi peserta JKN-KIS karena sakit itu datang tidak terduga dan tidak pandang buluh. (*)

Editor: Widyartha Suryawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved