Ribuan Warga Padati Pelebon Puri Carang Sari, Diantar Bade Setinggi 20 Meter dengan Berat 5 Ton

Ribuan masyarakat Desa Desa Carangsari memadati areal jalan untuk mempersiapkan upacara pelebon di Puri Agung Carangsari, Senin (29/4/2019).

Ribuan Warga Padati Pelebon Puri Carang Sari, Diantar Bade Setinggi 20 Meter dengan Berat 5 Ton
Tribun Bali/Agus Aryanta
Upacara pelebon di Puri Agung Carangsari, Senin (29/4/2019), terlihat Bade dengan tinggi kurang lebih 20 meter dengan berat 5 ton. 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Ribuan masyarakat Desa Carangsari memadati areal jalan untuk mempersiapkan upacara pelebon di Puri Agung Carangsari, Senin (29/4/2019).

Pada pelebon ini dua layon yakni I Gusti Ngurah Tantra yang merupakan Putra ke-2 I Gusti Ngurah Rai, dan I Gusti Ngurah Agung Danil Yunanda Yudha yang juga merupakan Cucu I Gusti Ngurah Rai (Putra Ke-1 I Gusti Ngurah Alit Yudha ) akan diantarkan oleh bade dengan tinggi kurang lebih 20 meter.

Bade yang beratnya 5 ton ini akan diarak secara estafet oleh masyarakat setempat dengan menurunkan kurang lebih 1.800 masyarakat untuk mengangkat bade, teragtag dan dua nagabanda untuk prosesi pembakaran jenazah.

I Gusti Agung Ayu Inda Trimafo Yudha yang merupakan keponakan almarhum I. Gusti Ngurah Tantra, mengatakan persiapan pelebon dilakukan pada 10.30 Wita.

Bahkan Menurutnya, bade tinggi, digarap oleh Anak Agung Dalem Mudita Sukawati dari Puri Kawan Tampaksiring Gianyar.

"Perkiraan untuk bade saja kami menghabiskan kayu sebanyak 7 kubik," jelasnya.

Pihaknya juga mengatakan bade yang tingginya kurang lebih 20 meter itu akan membawa jenazah almarhum ke setra atau kuburan.

"Kami ucapkan terimakasih kepada semua masyarakat yang ikut berpartisifasi. Semoga acara pelebon ini berjalan dengan baik," harapnya.(*)

Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Ady Sucipto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved