Berita Banyuwangi

Anas Imbau Pengelola Wisata Fasilitasi Ibadah Ramadan Para Wisatawan

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas meminta agar seluruh destinasi wisata memfasilitasi pelaksanaan ibadah bagi wisatawan Muslim selama Ramadan 2019

Anas Imbau Pengelola Wisata Fasilitasi Ibadah Ramadan Para Wisatawan
Surya/Haorrahman
Bupati Anas saat melakukan safari Ramadan di kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi, Selasa (7/5/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, BANYUWANGI - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas meminta agar seluruh destinasi wisata memfasilitasi pelaksanaan ibadah bagi wisatawan Muslim selama bulan Ramadan 2019 ini.

Anas meminta agar setiap fasilitas ibadah di tempat wisata, seperti musala mengumandangkan azan Magrib dan menggelar salat berjamaah di lokasi tersebut.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Anas saat melakukan safari Ramadan di kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi, Selasa (7/5/2019).

Menurut Anas, Banyuwangi telah menjadi salah satu kota yang menawarkan pariwisata halal friendly.

Untuk itu, Banyuwangi perlu melengkapi setiap destinasinya dengan fasilitas yang memudahkan pengunjung Muslim untuk beribadah, khususnya selama bulan Ramadan 2019 ini.

Baca: Woodball Denpasar Target Juara Umum Porsenijar Bali 2019

Baca: Perlakuan Artifa Dwi Putri Ini Dianggap Yama Carlos Keterlaluan Hingga Sebut Miskin & Tak Berharga

“Musala di objek wisata, kalau Maghrib harus mengumandangkan azan sekaligus menggelar solat berjamaah, kalau memungkinkan salat tarawih bisa dilakukan juga. Toilet dan tempat wudu wanita kalau bisa dipisahkan. Pengelola wisata juga wajib menjual takjil atau menu buka puasa,” kata Anas.

Pada bulan Ramadan 1440 Hijriah ini, Banyuwangi telah meluncurkan paket wisata buka puasa di tepi pantai berlatar Selat Bali yang menjanjikan pemandangan sunset yang indah.

Para pengunjung bisa menikmati pemandangan indah, makanan enak, hingga salat magrib sampai tarawih berjamaah.

“Saya mengimbau paket Ramadan semacam ini diikuti oleh pengelola hotel maupun tempat wisata yang ada di Banyuwangi,” kata Anas.

Baca: Jadi Tuan Rumah Pra PON 2019 Cabor Rugby, Ini Persiapan Pengprov PRUI Bali

Baca: Tetapkan Target Maksimal, Tim Cricket Denpasar Ingin Perbaiki Prestadi di Porsenijar Bali 2019

Secara khusus, Anas juga meminta jajaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk tetap melakukan pengawasan objek wisata dengan semangat selama bulan Ramadan ini.

“Tidak ada alasan hanya karena puasa pelayanan kurang maksimal. Justru dengan puasa tubuh akan terasa lebih sehat,” ujarnya.

Anas juga meminta agar para karyawan pemkab terus meningkatkan ibadahnya.

Seperti salat dhuha atau memperbanyak baca Al Quran di kantornya selama Ramadan.

“Ramadan adalah salah satu momen bagi kita untuk meningkatkan ibadah, yang saya harap bisa menjadi bekal untuk menghadapi bulan-bulan pasca Ramadan. Spiritual yang meningkat, saya yakin akan meningkatkan kinerja kita," pungkas Anas. (haorrahman)

Editor: Irma Budiarti
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved