Breaking News:

Bali Paradise

RM Ulam-ulam Batu Bulan, Andalkan Suasana Alam Persawahan

Terletak di Jalan Taak SMKI Batu Bulan, Gianyar, rumah makan yang berdiri sejak November tahun 2010 ini berada di areal persawahan.

Editor: Iman Suryanto
RM Ulam-ulam Batu Bulan, Andalkan Suasana Alam Persawahan - 1_0406_3.JPG
Tribun Bali/I Nyoman Mahayasa
RM Ulam-ulam Batu Bulan, Andalkan Suasana Alam Persawahan - 1_0406_9.JPG
Tribun Bali/I Nyoman Mahayasa
RM Ulam-ulam Batu Bulan, Andalkan Suasana Alam Persawahan - 1_0406_20.JPG
Tribun Bali/I Nyoman Mahayasa

PEMANDANGAN alam persawahan menjadi andalan Rumah Makan Ulam-ulam. Terletak di Jalan Taak SMKI Batu Bulan, Gianyar, rumah makan yang berdiri sejak November tahun 2010 ini berada di areal persawahan.

Bahkan berbatasan secara langsung. Memasuki rumah makan satu ini, suasana pedesaan langsung terasa, apalagi di sisi timur pengunjung langsung disuguhi pemandangan petani yang sedang menggarap lahan persawahan.

Juga nampak beberapa anak-anak berlari-lari di pematang sawah sambil menaikan layangan. Angin sepoi-sepoi begitu segar menerpa ke arah rumah makan ini. Dan begitu tamu datang, langsung disambut senyum ramah para pelayan.

Di areal rumah makan sendiri, suasana kebun sangat terasa. Bahkan di sisi bagian dalam terdapat sebuah taman luas dengan rerumputan menghijau. Di sekitarnya tumbuh pohon kelapa, bunga kamboja serta pohon pisang.

Tempat ini sangat cocok bagi mereka yang datang bersama keluarga, karena tersedia tempat bermain yang sangat luas dan nyaman. Suasana kebun makin kuat manakala di salah satu sudutnya terdapat sebuah bangunan berbentuk lumbung padi.

“Kami tidak hanya mengandalkan menu yang nikmat untuk disantap, tapi yang penting adalah suasana desa. Memang lingkungannya memungkinkan karena dekat dengan persawahan,” kata pemilik Rumah Makan Ulam-ulam, Komang Tri Darma Setiawan.

Karena bersuasana alam itu, maka penataan ruangnya didesain sedemikian rupa sehingga tamu menjadi betah alias berlama-lama. Ruang bagi tamu, terdiri dari dua buah wantilan, empat gasebo kayu serta satu bangunan berbentuk lumbung. Wantilannya beratap alang-alang. Semua furniture terbuat dari kayu.

Tak berapa jauh dari wantilan pertama, terdapat dua buah gazebo. Kedua gazebo ini dikelilingi tanaman bunga yang begitu rimbun. Sehingga terasa sejuk bila berada di dalamnya. Gazebo-gazebo ini dibangun di atas kolam kecil yang mengeluarkan suara gemericik air. “Dalam kolam-kolam ini juga dilepas ikan hias untuk mempercantik suasana,” kata Komang.

Buka dari pukul 10 pagi sampai 10 malam, rumah makan ini dikunjungi tamu baik lokal maupun wisatawan asing. Dengan total pelayan berjumlah 20 orang, Komang ingin memberikan pelayanan terbaik bagi tamu yang datang.

Rumah makan ini menyediakan layanan bagi mereka yang ingin menggelar meeting, ulang tahun atau sekadar kumpul-kumpul dengan kapasias maksimal 200 orang. Parkiran yang tersedia pun sangat luas. Karenanya, rumah makan ini juga melayani bazzar. Untuk delivery service, sementara hanya melayani sekitar Batu Bulan.

Spesial Ikan Gurame Acemanis

SESUAI namanya: ulam-ulam yang diambil dari kata ulam yang berarti ikan, Rumah Makan Ulam-ulam menawarkan menu yang dominan ikan khususnya Gurame. Menu Gurame ini disajikan dalam berbagai olahan. Ada paket Gurame Acemanis, paket Gurame Panggang, Gurame Mandi Susu, paket Gurame Pepes sampai paket Ulam Mepatug. Adapula yang ditawarkan dalam paket menu single.

Selain menu Gurame adapula menu Pepes Lele dan Ayam Goreng/ Panggang. Menu signature di Rumah Makan Ulam-ulam adalah paket Gurame Acemanis. Menu ini memang sangat spesial. Berbahan dasar seekor ikan Gurame berukuran besar.

Nikmatnya Gurame Acemanis sangat dipengaruhi oleh saus asam manis. Racikannya terdiri dari saus pedas manis dicampur dengan nanas. Sause pedas tersebut kemudian disiram di atas Gurame yang telah digoreng sampai kering.

Presentasi Gurame Acemanis ala Ulam-ulam sangat memancing selera. Ikan Gurame besar seperti berendam di atas sause kental berwarna kemerahan. Sementara di atas ikan, potongan nanas berwarna kuning dan merahnya potongan wortel begitu menonjol. Apalagi uap sauce yang membumbung, sungguh menggugah selera.

Sekor ikan Gurame Acemanis disajikan bersama sayur plecing kangkung, sambal dan potongan buah. Saat dicicipi, ikan Gurame terasa empuk dan nikmat di lidah. Rasanya berpadu dengan asam manis dari sause dan nanas yang menyatu. Apalagi ikan matang sampai ke tulang.

Saat dimakan, hmm.. rasnya menyatu di lidah, begitu nikmat. Sementara plecing kangkung di tempat ini tidak begitu pedas dibandingkan tempat lain.

Untuk urusan minuman, Rumah Makan Ulam-ulam punya Es Semaput Ulam-ulam. Minuman satu ini adalah minuman dingin yang disajikan pada sebuah gelas berbentuk cantik. Isinya potongan kelapa muda, alpukat, nanas dan puding. Saat diminum, terasa segar dipadukan dengan manisnya kelapa dan rasa khas alpukat serta potongan nangka.

Ulam paket:
Gurame Acemanis     Rp 45.000
Gurame Panggang    Rp 45.000
Gurame Goreng    Rp 43.000
Gurame Mandi Susu     Rp 45.000
Ulam Gurame Pepes     Rp 45.000
Ulam Ayam Penyet     Rp 29.000
Ulam Ayam Goreng     Rp 29.000
ulam Lele Pepes     Rp 29.000
Mepatung for 4 pax     Rp 160.000

Ulam Single:
Gurame Goreng     Rp 37.000
Gurame Panggang     Rp 40.000
Gurame Mandi Susu     Rp 40.000
Gurame Acemanis     Rp 40.000
Gurame Orob     Rp 40.000
Gurame Pepes     Rp 40.000
Lele Pepes     Rp 11.000
Ayam Goreng     Rp 19.000
Ayam Panggang     Rp 20.000

Minuman:
Es Semaput     Rp 12.000
Es Umas Kedis     Rp 12.000
Es Ijo (Tape)     Rp 11.000
Es Buah     Rp 12.000
Es Pesona Ulam-ulam     Rp 23.000
Es Lamud Utuh     Rp 15.000
Es Lamud Gelas     Rp 10.000
Es Cintrong     Rp 11.000.(*)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved