Citizen Journalism

Festival Sastra 2015 Undiksha Berasa Sapardi Djoko Damono

Festival Sastra tahun 2015 ini mengangkat tokoh sastrawan legendaris Indonesia, Sapardi Djoko Damono. Sapardi merupakan satu diantara sastrawan

Festival Sastra 2015 Undiksha Berasa Sapardi Djoko Damono
Istimewa

TRIBUN-BALI.COM - Himpunan Mahasisiwa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Undiksha, menggelar diskusi sastra dalam serangkaian Festival Sastra.

Festival Sastra tahun 2015 ini mengangkat tokoh sastrawan legendaris Indonesia, Sapardi Djoko Damono. Sapardi merupakan satu diantara sastrawan Indonesia yang terkenal dengan karyanya yang romantis.

Diskusi Sastra, yang merupakan puncak acara Festival Sastra dilaksanakan pada Minggu (10/5/2015) di ruang teater Fakultas Bahasa dan Seni, Undhiksa.

Kegiatan yang rutin dilaksanakan satu tahun sekali ini juga menghadirkan tiga mahasiswa sebagai pembicara. Pembicara diambil dari perwakilan mahasiswa semester dua, empat, dan enam.

“Kami sengaja menghadirkan mahasiswa sebagai pembicara dengan tujuan mengasah kemampuan mahasiswa dalam membedah karya tokoh yang diangkat,” kata Koordinator Diskusi Sastra, Widnyana.

Perwakilan mahasiswa Candra Puspita dari semester dua berbicara mengenai riwayat Sapardi Djoko Damono. Sedangkan Yoga Shadu dari semester empat menunjukkan kekhasan dalam karya Sapardi Djoko Damono.

Untuk, Arista Ediawati perwakilan semester enam membedah beberapa puisi dalam buku kumpulan puisi Hujan Bulan Juni.

Ketua Panitia Diskusi Sastra 2015, Wira, mengatakan, diskusi sastra ini selain mengapresiasi karya-karya sastrawan yang mendedikasikan hidupnya untuk kemajuan sastra Indonesia, juga untuk meningkatkan minat mahasiswa dalam bersastra.

Dalam kegiatan ini, juga dihadiri oleh para dosen di Jurusan PBSI.

Mereka tampak antusis di tengah-tengah mahasiswa dan ikut mengapresiasi kegiatan ini.

Sebagai puncak acara, diskusi ini dimeriahkan dengan pembacaan puisi oleh pemenang lomba membaca puisi serta suguhan dongeng dari pemenang lomba mendongeng.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba dalam kegiatan Festival Sastra.

Lomba tersebut meliputi lomba membaca puisi tingkat SMA/SMK/MA se-Buleleng, lomba mendongeng tingkat SMP/MTs dan lomba alih kreasi puisi Sapardi Djoko Damono se-Jurusan PBSI.(*)

Penulis : Safitri Nurul Wahyuni
Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Undiksha

Editor: gunawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved