Bali United Pusam

Polda Bali Amankan Bali Island Cup 2016 di Dipta Besok

Bali Island Cup 2016 akan diikuti oleh klub-klub yang memiliki basis supporter besar sehingga perlu pengamanan maksimal.

Polda Bali Amankan Bali Island Cup 2016 di Dipta Besok
Tribun Bali/Aloisius H Manggol
Kabid Humas Polda Bali, Kombes Herry Wiyanto 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Ragil Armando 

TRIBUN BALI.COM, DENPASAR –Turnamen Bali Island Cup 2016 akan dilaksanakan pada Kamis (18/02/2016) besok sampai Selasa (23/02/2016).

Pihak Polda Bali bersiap melakukan pengamanan dengan cukup ketat.

Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Kabid. Humas Polda Bali, Kombes (Pol) Hery Wiyanto kepada Tribun Bali, ketika ditemui di kantornya, beberapa waktu yang lalu.

Ia mengatakan, Bali Island Cup 2016 akan diikuti oleh klub-klub yang memiliki basis supporter besar sehingga perlu pengamanan maksimal. 

“Ya pertandingan yang akan dilakukan khususnya di Dipta. Terkait itu, harus dilakukan pengamanan secara maksimal,” katanya kepada Tribun Bali. 

Wiyanto menuturkan, perencaan pengamaman dalam Bali Island Cup 2016 akan dilakukan oleh Polda Bali. Namun, untuk pelaksanaannya akan dilakukan oleh satuan-satuan wilayah, khususnya Polres Gianyar yang akan dibantu oleh Polres-Polres lain di lingkungan Polda Bali. 

“Oleh sebab itu ini memang memerlukan pengamanan khusus dalam pertandingan sepakbola. Kita sudah rapatkan pengamanan ini, perencanaan memang dilakukan oleh Polda, tapi kemudian akan dilakukan oleh satuan wilayah dan Polda khususnya Polres Gianyar, kemudia dengan meminta polres-polres lain untuk mem-back-up khusus pertandingan-pertandingan tertentu,” tuturnya. 

Ia menambahkan, dalam pelaksanaannya tersebut, pihak kepolisian akan memisahkan para supporter tim yang akan datang memenuhi stadion. 

“Jadi ya kita akan melakukan pengamanan dengan cara bertindak yang pertama, kita harus pisahkan terlebih dahulu antara supporter suatu pemain dengan pemain lain di stadion,” katanya. 

Selain itu, pihak kepolisian juga akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu terhadap barang bawaan para supporter yang akan masuk ke Stadion Dipta, Gianyar.

“Benda-benda yang tidak boleh dibawa masuk ke dalam kita pemeriksaan terlebih dahulu. Itu sudah kita lakukan pada saat semifinal yang ada di sini. Ada banyak antara lain mercon, kembang api, senter-senter yang menyilaukan itu dan yang jelas senjata tajam dan senjata api. Itu akan kita saring, kita periksa di pintu-pintu masuk di stadion,” ungkapnya. 

Tidak hanya itu, pihak kepolisian juga akan memperketat pintu masuk ke Bali, salah satunya di Pelabuhan Penyebrangan Gilimanuk guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Bahkan pihak kepolisian akan melakukan pengawalan kepada para rombongan supporter yang akan menuju Stadion Dipta, Gianyar

“Tetapi pada saat penonton ini memasuki wilayah Bali menggunakan jalur darat itu dari Gilimanuk sampai sini itu akan kita lakukan pengawalan. Kita sudah akan kerjasama seperti tahun-tahun yang lalu, kita lakukan pemeriksaan terlebih dahulu melalui Gilimanuk. Setelah pemeriksaan di Gilimanuk kita lakukan pengawalan sampai ke stadion. Itu yang kita lakukan” pungkasnya. (*) 

Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved