Ini Jadwal Pemantauan Hilal Penetapan Awal Ramadhan 1438H/2017M di Bali

Nantinya, hasil Rukyatul Hilal dan data Hisab Posisi Hilal awal Ramadan akan dimusyawarahkan dalam sidang isbat.

Ini Jadwal Pemantauan Hilal Penetapan Awal Ramadhan 1438H/2017M di Bali
net
Ilustrasi peneropongan rukyatul hilal. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR- Sebagaimana dikutip dari situs Kementerian Agama RI; https://kemenag.go.id/berita/read/507706/ini-lokasi-rukyatul-hilal-awal-ramadlan-1439h-2018m,

Kementerian Agama akan menggelar pemantauan hilal (rukyatul hilal) untuk penetapan awal bulan Ramadlan 1439H/2018M. 

Rukyatul Hilal akan dilaksanakan hari Selasa (15/5/2018) mendatang pada 95 titik pemantauan yang tersebar di 32 Provinsi di Indonesia.

Dari 32 titik pemantauan, salah satunya terletak di Bali.

Untuk di Bali sendiri ada satu lokasi yaitu di Hotel Patra Jasa, Pantai Kuta, Bali.

Nantinya, hasil Rukyatul Hilal dan data Hisab Posisi Hilal awal Ramadan akan dimusyawarahkan dalam sidang isbat. 

"Hasil Rukyatul Hilal dan Data Hisab Posisi Hilal awal Ramadan akan dimusyawarahkan dalam sidang itsbat untuk kemudian diambil keputusan penentuan awal Ramadan 1439H," terang Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) A Juraidi sebagaimana yang dikutip dari rilis tersebut.

Sidang itsbat ini akan dihadiri oleh Duta Besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Proses sidang akan dimulai pukul 16.00 WIB, diawali dengan pemaparan dari Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal menjelang awal Ramadan 1439H. 

Adapun proses sidang isbatnya, dijadwalkan berlangsung selepas salat Maghrib setelah adanya laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan. (*)

Penulis: Putu Supartika
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved