7 Seniman Ini Diberi Penghargaan Tertinggi Karena Punya Sumbangsih Luar Biasa Untuk Bali

Menurut salah satu penyeleksi, Prof I Wayan Dibia seleksi yang dilakukan dalam pemberian penghargaan cukup ketat.

7 Seniman Ini Diberi Penghargaan Tertinggi Karena Punya Sumbangsih Luar Biasa Untuk Bali
TRIBUN BALI/ I PUTU SUPARTIKA
Para penerima penghargaan seni Dharma Kusuma tahun 2018 dari pemerintah Provinsi Bali. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Tujuh orang seniman terima penghargaan seni Dharma Kusuma tahun 2018 dari pemerintah Provinsi Bali.

Ketujuh seniman tersebut yaitu Ida Bagus Sudiksa (Seniman Pedalangan asal Kerobokan Kaja, Badung), I Nyoman Jegog (Seniman Sastra dan Tari asal Tabanan), I Wayan Turun (Seniman Sastra dan Undagi asal Kesiman Denpasar), Gede Wila Dana (seniman karawitan dan pedalangan asal Buleleng), almarhum I Made Gerindem (seniman karawitan asal Gianyar), almarhum I Nyoman Singgin Wikarma (seniman sastra asal Bangli), dan Umbu Landu Paranggi (seniman sastra modern yang tinggal di Denpasar asli NTT).

Menurut salah satu penyeleksi, Prof I Wayan Dibia seleksi yang dilakukan dalam pemberian penghargaan cukup ketat.

"Dengan penghargaan ini semoga memotivasi generasi muda di wilayah masing-masing. Pemerintah sangat mengaharpkan dampaknya tidak berhenti pada penerima tapi di juga berimbas pada lingkungan sekitarnya," kata Prof. Dibia.

Kadis Kebudayaan Provinsi Bali, Dewa Putu Beratha mengatakan ini merupakan penghargaan tertinggi di Bali untuk mereka yang mempunyai satu sumbangan luar biasa untuk memajukan nama Bali

"Penghargaan ini bukan untuk orang Bali saja tapi untuk mereka yang memberikan sumbangan untuk Bali seperti Umbu Landu Paranggi," katanya. 

Kriteria seniman yang menerima penghargaan ini yaitu memiliki hasil karya monumental yang bisa diterima masyarakat luas dan terus mengabdi untuk seni dan tidak pernah putus hingga kini. 

Kepada penerima penghargaan ini diberikan uang sebesar Rp 11 juta, piagam, dan medali emas. (*)

Penulis: Putu Supartika
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved