Abu Bakar Baasyir Tolak Tandatangani Dokumen Setia Terhadap Pancasila, Ini Alasan Sebenarnya

Abu Bakar Baasyir Tolak Tandatangani Dokumen Setia Terhadap Pancasila, Ini Alasan Sebenarnya

Abu Bakar Baasyir Tolak Tandatangani Dokumen Setia Terhadap Pancasila, Ini Alasan Sebenarnya
tribunnews
Abu Bakar Baasyir 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Kuasa Hukum terpidana kasus pendanaan pelatihan teroris di Aceh tahun 2011 Abu Bakar Baasyir, Mahendradatta menanggapi polemik terkait penolakan kliennya menandatangani dokumen kesetiaan terhadap Pancasila.

Ia mengatakan, satu di antara alasan kliennya tersebut tidak mau menandatangani dokumen tersebut karena berada satu rangkap dengan dokumen pernyataan pengakuan bersalah telah melakukan tindak pidana terorisme.

Hal itu disampaikannya di kantor hukum Mahendradatta, Cipete, Jakarta Selatan, Senin (21/1/2019).

Baca: Kapolda Bali: Gubernur Koster Menangis Tegur Tiga Ormas, Saya Menangis Pikirkan Rakyat Bali

"Ini saya kasih tahu, bahwa surat itu ada isinya satu rangkap sekaligus. Pertama mengakui dirinya bersalah, kedua menyesali dan berjanji untuk tidak melakukan itu lagi. Baru soal sumpah setia Pancasila dan NKRI-nya. Itu satu kesatuan," kata Mahendradatta.

Ia mengatakan sampai kapan pun kliennya tidak akan mau mengakui kesalahannya karena yakin tidak bersalah.

"Mana mungkin beliau mau tandatangan. Dari judul yang pertama aja harus insyaf mengakui kesalahan ya nggak mau," kata Mahendradatta.

Baca: Malam Ini Masyarakat Pesisir Pantai Tanjung Benoa Wajib Waspada, Dampak Fenomena Supermoon

Ia mengatakan, dalam kasus tersebut kliennya mengaku tidak tahu bahwa sumbangan yang diberikannya ternyata digunakan untuk pelatihan teror dan bukan digunakan untuk pelatihan pasukan yang ingin dikirim ke Palestina untuk membantu warga Palestina.

"Sudah berulang kali disampaikan kalau beliau (Abu Bakar Baasyir) tidak tahu bahwa itu pelatihan militer. Yang beliau tahu adalah pelatihan kesiapan untuk mujahid yang ingin berangkat ke Palestina. Cuma itu aja. Kemudian latihan-latihan lainnya yang bersifat sosial seperti palang merah dan lain sebagainya. Itu pengertian ustaz (Abu Bakar Baasyir)," kata Mahendradatta.

Baca: Dianiaya Anggota Ormas Hingga Bersimbah Darah, Tukang Parkir ini Malah Ditangkap Polisi

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Penjelasan Pengacara Soal Abu Bakar Baasyir Tolak Tandatangani Dokumen Setia Terhadap Pancasila

Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved