Hari Raya Imlek

Sambut Tahun Baru Imlek, Pawai Barongsai Dipadati Penduduk dengan Memberi Ampao

Menyambut Tahun Baru Imlek atau Tahun Baru China 2570 ini, Vihara Dharmayana Kuta melaksanakan upacara persembahyangan

Sambut Tahun Baru Imlek, Pawai Barongsai Dipadati Penduduk dengan Memberi Ampao
Tribun Bali/I Nyoman Mahayasa
Ratusan umat menggelar ritual bersih bumi dengan melaksanakan pawai dengan mengarak barongsai dan liong atau naga, di Vihara Dharmayana, Jalan Blambangan, Kuta, Bali, Senin (4/2/2019) 

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG - Menyambut Tahun Baru Imlek atau Tahun Baru China 2570 ini, Vihara Dharmayana Kuta, melaksanakan upacara persembahyangan tolak bala dan melaksanakan kegiatan pawai Barongsai.

Prosesi pawai Barongsai yang berlangsung ramai mengitari di jalan pertigaan seputaran Kuta yang diiringi oleh Liong atau naga dan Barongsai.

Menariknya, saat pawai berlangsung, para barongsai menghampiri kerumunan orang yang hendak memberi ampao.

Tidak hanya itu, banyak ampao yang sengaja digantung di pepohonan yang kemudian disantapnya.

Penangungjawab Vihara Dharmayana, Adi Dharmaja menjelaskan, dengan melaksanakan persembahyangan tolak bala di masing-masing pertigaan dan perempatan yang diawali di depan tempat ibadah ini.

Secara tradisi budaya Tionghoa itu bermakna agar di dalam menyambut tahun baru imlek 2570 ini, bisa berjalan dengan penuh suka cita dan tidak ada arahan yang melintang, serta juga mempersembahkan kepada mahluk-mahluk yang hidup di alam lain.

"Tujuan dilakukan persembayangan tolak bala, persembayangan tutup tahun, agar para mahluk-mahluk yg hidup serta yang terlantar untuk memberikan sesajian dan di tahun baru imlek ini berjalan dengan penuh suka cita," ungkapnya saat ditemui di vihara Dharmayana, Kuta, Senin (4/2/2019)

Setelah itu, pawai Barongsai yang diiringi Liong berjalan dan setiap di pertigaan dan perempatan jalan, kelima Barongsai kemudian melakukan atraksi.

"Saat mengarak Liong dan barong sai, para pemain yang merupakan generasi ketiga sejak tahun 2002 silam berjalan menghampiri didepan rumah warga yang sudah menyediakan angpao," ujarnya

Tambahnya, pada pukul 00.00 Wita dini hari nanti, umat akan melakukan persembahyangan Tahun Baru Imlek. Diperkirakan umat yang melakukan sembahyang akan membeludak.

"Umat yang datang biasanya bisa mencapai seribu untuk melakukan sembayang. Setelah sembayang nanti masing-masing umat akan ke vihara lagi untuk melakukan tradisi bagi-bagi ampao, serta silahturahmi ke rumah-rumah," ujarnya. (*) 

Penulis: Rino Gale
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved