Bos Gucci Sumbang Rp 1.500 Miliar untuk Renovasi Notre Dame Paris yang Terbakar

Terbakarnya bangunan bernilai historis dan ikonik Gereja Notre Dame di Paris, Perancis disayangkan banyak pihak.

Bos Gucci Sumbang Rp 1.500 Miliar untuk Renovasi Notre Dame Paris yang Terbakar
Kolase Tribun Bali/Tri Subekso/AFP
Gereja Notre Dame, Paris Perancis sebelum terbakar (kiri) CEO grup Kering, sekaligus presiden direktur Artemis, Francois-Henri Pinault. 

TRIBUN-BALI.COM, PARIS - Terbakarnya bangunan bernilai historis dan ikonik Gereja Notre Dame di Paris, Perancis disayangkan banyak pihak.

Situs bernilai sejarah tersebut dilaporkan terbakar dan menghanguskan bangunan peninggalan abad ke-14. 

Dikutip Tribun Bali dari Kompas.com, insiden kebakaran yang melanda bangunan Gereja Notre Dame di Paris, Perancis telah mengejutkan banyak orang.

Tidak hanya warga Perancis, namun juga dunia, karena gereja yang berdiri sejak abad ke-14 itu telah menjadi salah satu kekayaan dunia.

Api telah membakar bagian atas dan menara gereja bersejarah yang menjadi landmark kota Paris itu.

Presiden Perancis Emmanuel Macron yang mengunjungi lokasi kebakaran sempat menitikkan air mata dan menjanjikan bakal segera membangun kembali bagian Notre Dame yang hancur.

Gereja Notre Dame sebelum hangus terbakar
Gereja Notre Dame sebelum hangus terbakar (dok pribadi/Tri Subekso)

Seolah menjawab rencana Macron, seorang triliuner dan pengusaha asal Perancis, Francois-Henri Pinault, menyatakan mendonasikan 100 juta euro (sekitar Rp 1,5 triliun) untuk proyek renovasi Notre Dame.

Dalam pernyataannya, yang dikutip surat kabar Perancis, Le Figaro, suami aktris Salma Hayek itu berharap, uang tersebut dapat membantu membangun kembali Notre Dame sesegera mungkin.

"Tragedi ini menyerang semua orang Perancis dan lebih dari itu semua, juga dirasakan orang-orang yang memiliki keterikatan spiritual. Menghadapi tragedi seperti itu, semua orang tentu ingin secepat mungkin membangun kembali warisan kita ini," ujar Pinault.

"Saya dan ayah saya telah memutuskan untuk menyerahkan dana dari Artemis sejumlah 100 juta euro (Rp1,5 triliun) untuk berpartisipasi dalam upaya yang diperlukan untuk rekonstruks penuh Notre Dame," tambahnya.

Halaman
12
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved