Wiki Bali

Sejarah Hotel Oberoi, Pertama Berdiri di Bali Pada Tahun 1975 dan Perjalanannya Kini

Hotel ini dibangun pada tahun 1974 sebagai private club yang bernama ‘Kayu Aya’, bersebelahan dengan perkampungan penduduk.

Sejarah Hotel Oberoi, Pertama Berdiri di Bali Pada Tahun 1975 dan Perjalanannya Kini
(oatawa)
Ilustrasi hotel 

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA – Pulau Dewata yang hingga kini masih menjadi destinasi wisata favorit wisatawan baik nusantara maupun mancanegara yang tidak diragukan lagi.

Budaya keramahan warga Bali serta masih kentalnya adat istiadatnya di Bali menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Kedatangan wisatawan ke Bali sudah dimulai sejak awal abad ke-20.

Hal itu diyakini dengan adanya politik Bali Sharing yang diterapkan penjajah Belanda untuk menjadikan pulau dewata sebagai museum hidup agar dapat menarik wisatawan asing.

Tampaknya pengaruh itu masih terasa sampai sekarang.

Kawasan Pantai Kuta yang telah berkembang sejak tahun 70’an sebagai tempat wisata telah memberikan dampak signifikan terhadap daerah sekitarnya, seperti Banjar Basangkasa dimana di tempat itu sejak 1975 telah berdiri sebuah hotel.

“Hotel pertama di sini adalah Hotel Oberoi, dan hingga saat ini masih berdiri,” kata kelian Adat Banjar Basangkasa, I Nyoman Roma kepada tribunbali.com sekira tahun 2014 silam.

Ia mengungkapkan jika dulunya hotel tersebut bernama Hotel Kayu Aya yang telah berdiri sejak 1975. “Setahu saya begitu,” ungkapnya.

Pertama kali hotel ini dibangun pada tahun 1974 sebagai private club yang bernama ‘Kayu Aya’, bersebelahan dengan perkampungan penduduk.

Lebih dari dua tahun para pengrajin dan seniman mengkombinasikan bangunan ini sehingga terciptanya kenyamanan antara budaya barat dan timur.

Halaman
123
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved