Ramadan 2019

THR PNS Sama Dengan Gaji Bulan April 2019, Sekda Bali Pastikan Cair Sebelum Lebaran

Dewa Made Indra memastikan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk seluruh Pegawai Negeri Sipil di lingkungan pemprov Bali sudah bisa diterima sebelum Lebaran

THR PNS Sama Dengan Gaji Bulan April 2019, Sekda Bali Pastikan Cair Sebelum Lebaran
Tribun Bali/Wema Satyadinata
Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Dewa Made Indra. THR PNS Sama Dengan Gaji Bulan April 2019, Sekda Bali Pastikan Cair Sebelum Lebaran 

THR PNS Sama Dengan Gaji Bulan April 2019, Sekda Bali Pastikan Cair Sebelum Lebaran

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Dewa Made Indra memastikan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk seluruh Pegawai Negeri Sipil di lingkungan pemprov Bali sudah bisa diterima sebelum Lebaran.

Berdasarkan instruksi Pemerintah Pusat, THR dapat diberikan mulai tanggal 24 Mei 2019 atau paling cepat 10 hari sebelum Hari Raya Idul Fitri.

"Lewat hari ini (24/5/2019) tidak masalah, karena yang diatur kan waktu paling cepat, bukan paling lambat. Tetapi saya pastikan sebelum hari raya, THR sudah diterima," kata Dewa Indra saat ditemui di Gedung Wiswa Sabha Utama Kantor Gubernur Bali, Jumat (24/5/2019).

Terkait dengan pemberian THR bagi para PNS, lanjut dia, semua daerah pastinya sudah menyiapkan.

Namun, pemberian THR tidak bisa langsung dilakukan melainkan harus melalui peraturan kepala daerah.

Baca: Ciptakan Cat Ramah Lingkungan untuk Kapal, Siswa SMA 3 Denpasar Raih Dua Penghargaan di Amerika

Baca: MUI Bali Imbau Umat Tak Mudah Terprovokasi

“Kita di daerah sudah bersiap-siap untuk itu. Tapi untuk memberikan THR tidak bisa langsung tapi harus dengan peraturan kepala daerah,” ujar mantan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Bali itu.

Pihaknya pun sudah menyelesaikan peraturan daerah terkait pemberian THR itu, dan sekarang posisinya sedang difasilitasi di Kementerian Dalam Negeri.

Selanjutnya, begitu fasilitasi selesai, maka bisa langsung dibayarkan. 

Mengenai besaran nominal THR Idul Fitri 1440 Hijriah, lanjut dia, yakni sesuai dengan gaji yang diterima pada April 2019.

Dan yang berhak menerima adalah seluruh PNS, TNI, Polri, dan pensiunan pegawai, sedangkan THR untuk pegawai kontrak belum diatur.

Baca: Gunung Agung Muntahkan Abu Setinggi 3.000 Meter, Letusan Lebih Besar dari Sebelumnya

Baca: REI Berharap Bank BUMN Bantu Program Rumah Subsidi

Pemberian THR bagi PNS itu telah diputuskan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2019 dan telah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo.

THR yang diterima terdiri atas gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan struktural (jika ada), dan tunjangan kinerja (jika ada penerapannya). 

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Bali, Dewa Putu Sunartha menyampaikan belum menghitung secara pasti berapa angka yang harus dibayarkan pemprov Bali terkait THR.

Namun Sunartha menyebut besaran pembayaran gaji pokok, tunjangan jabatan, tunjangan istri dan anak di lingkungan pemprov Bali bulan April 2019 dalam hitungan bruto adalah Rp 50,9 miliar. (*)

Penulis: Wema Satya Dinata
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved