Satpol PP Sidak Penerapan Pergub di Seluruh Bali, 110 Objek Sasaran Diberi Surat 'Teguran'

Sidak serentak ini berkaitan dengan implementasi dari tiga Pergub yang dikeluarkan oleh Gubernur Bali Wayan Koster akhir tahun lalu

Satpol PP Sidak Penerapan Pergub di Seluruh Bali, 110 Objek Sasaran Diberi Surat 'Teguran'
Tribun Bali/I Wayan Erwin Widyaswara
Tampak prasasti kantor Wali Kota Denpasar, yang telah menggunakan dwiaksara, yakni huruf latin dan Bali, dengan background merah putih. Satpol PP Sidak Penerapan Pergub di Seluruh Bali, 110 Objek Sasaran Diberi Surat 'Teguran' 

Satpol PP Sidak Penerapan Pergub di Seluruh Bali, 110 Objek Sasaran Diberi Surat 'Teguran'

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Bali dan kabupaten/kota melakukan sidak serentak di seluruh Bali.

Sidak serentak ini berkaitan dengan implementasi dari tiga Peraturan Gubernur (Pergub) yang dikeluarkan oleh Gubernur Bali Wayan Koster pada akhir 2018 lalu.

Tiga Pergub itu diantaranya Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 79 tahun 2018 tentang Hari Penggunaan Busana Adat Bali, Pergub Nomor 80 tentang Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali, serta Peringatan Bulan Bahasa Bali; dan juga Pergub Nomor 97 tahun 2018 tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai.

Pergub 79 tahun 2018 mengamanatkan setiap instansi pemerintah maupun swasta agar menggunakan busana adat Bali setiap hari Kamis, purnama, tilem dan hari jadi Provinsi Bali maupun hari jadi kabupaten dan kota.

Sementara untuk Pergub 80 tahun 2018 juga mewajibkan berbagai instansi tersebut untuk menggunakan plang nama dengan menggunakan huruf atau aksara Bali dengan warna gradasi merah putih.

Namun untuk beberapa instansi diberikan kelonggaran untuk tidak menerapkan latar merah putih agar tidak menganggu merek dagang (brand) instansi tersebut.

Kemudian untuk Pergub 80 tahun 2018 yakni meminta kepada instansi tersebut mengurangi pemakaian plastik.

Baca: Kodim 1161/Badung Gelar Komsos dengan Komponen Masyarakat, TIngkatkan Rasa Cinta Tanah Air

Baca: TRIBUN WIKI - Tak Perlu Takut Ketinggalan Zaman, Pilih Berbagai Model Kacamata di 3 Store Ini

Dalam Pergub itu terdapat tiga plastik yang mulai dilarang penggunaannya, dari kantong plastik, sedotan plastik hingga styrofoam.

Halaman
123
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved