Gunung Agung Terkini

Ini Penjelasan PVMBG Terkait Beredarnya Info Adanya Awan Panas Saat Erupsi Gunung Agung Siang Tadi

Beredar di masyarakat informasi terjadinya awan panas pada erupsi Gunung Agung siang tadi yang ternyata sumbernya dari postingan di facebook.

Ini Penjelasan PVMBG Terkait Beredarnya Info Adanya Awan Panas Saat Erupsi Gunung Agung Siang Tadi
PVMBG
Gunung Agung kembali erupsi, Jumat (31/5/2019). BREAKING NEWS: Gunung Agung Erupsi, Durasi Capai 8 Menit & Kolom Abu 2.000 Meter di Atas Puncak 

TRIBUN-BALI.COM, AMLAPURA - Beredar di masyarakat informasi terjadinya awan panas pada erupsi Gunung Agung siang tadi yang ternyata sumbernya dari postingan di media sosial Facebook.

 
Kabid Mitigasi PVMBG Wilayah Timur, Devy Kamil Syahbana meminta dan memohon agar masyarakat tidak mempercayai informasi salah tersebut. 

“Siang tadi tidak ada Awan Panas, yang terjadi adalah lontaran material piroklastik keluar kawah yang terlihat berwarna abu-abu karena terjadi siang hari, kalau terjadi malam hari maka ini berwarna merah,” ungkap Devy Kamil, Jumat (31/5/2019) kepada tribunbali.com.

Ia menambahkan erupsi yang terjadi siang tadi karakteristiknya masih sama dengan erupsi-erupsi sebelumnya. 

“Perbedaannya adalah, masyarakat baru melihat lagi erupsi pada siang hari. Untuk informasi tidak tepat dari pihak yang tidak bertanggungjawab ini dapat diproses hukum karena meresahkan masyarakat,” tegas Devy Kamil.

Seperti diberitakan sebelumnya, dari laporan Volcanic Eruption Notice KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Agung, periode pengamatan Jumat (31/5/2019) mencatat pukul 11:42 WITA mengalami erupsi.

Terlihat dan diperkirakan tinggi kolom abu teramati ± 2.000 m di atas puncak (± 5.142 m di atas permukaan laut).

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut dan timur.

Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi ± 8 menit 4 detik. Terdengar suara gemuruh di pos Rendang.

Dan dari laporan Pasebaya dilaporkan sejumlah daerah mengalami hujan abu vulkanik hingga pasir.

Adapun Desa atau wilayah yang terpapar hujan abu dan pasir sesuai dengan laporan relawan Pasebaya Agung,Kepala Desa lingkar Gunung Agung, Orari dan Rapi hingga pukul  13.50 WITA tadi adalah:

1. Arah selatan Gunung Agung yakni daerah Temukus desa besakih, Dusun Lebih, Pura, Badeg dan Pura Pasar Agung Desa Sebudi.

2. Arah tenggara, Desa Jungutan, Desa Bhuana Giri, Desa Buda Keling kec Babendem, Lingkungan Temega klurahan Padangkerta.

3. Arah Timur Gunung Agung, Desa Ababi, Desa Nawekerti, Desa Tribuana, Desa Pidpid, Desa Datah dan Desa Culik.

4. Sedangkan arah utara Gunung Agung nihil hujan abu maupun pasir.(*)

Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved