Pesta Kesenian Bali

LIVE STREAMING Pawai dalam Rangka Pembukaan PKB ke-41, Bisa Nonton di Link Ini

Pawai dalam rangka pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-41 akan segera dilepas Sabtu (15/6/2019) sore ini oleh Presiden Jokowi dari panggung di

TRIBUN-BALI.COM - Pawai dalam rangka pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-41 akan segera dilepas Sabtu (15/6/2019) sore ini oleh Presiden Jokowi dari panggung di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Niti Mandala, Renon, Denpasar, Bali.

Dalam pawai itu melibatkan 4.370 orang seniman yang berasal dari Bali, luar daerah maupun luar negeri.

Pada pawai kali ini setiap peserta pawai dari kabupaten/kota se Bali wajib menampilkan sebuah garapan tematik yang properti garapannya menggunakan alat-alat yang berhubungan dengan angin, mengingat tema PKB tahun 2019 ini adalah ‘Bayu Pramana: Memuliakan Sumber Daya Angin’.

Baca: Kehadiran Presiden Jokowi di Pembukaan PKB ke-41 Disambut Tari Pendet

Secara substansi, sambung dia, struktur materi pawai yang dibawakan oleh kabupaten/kota terdiri dari papan nama, lambang kabupaten/kota yang terbuat dari bahan-bahan ramah lingkungan, 10 muda-mudi berbusana khas daerah masing-masing, 20 orang pasukan membawa tedung khas Kabupaten/Kota.

Berikutnya ada 100 orang menyajikan garapan kolosal yang merepresentasikan tema Bayu Pramana, dan 100 orang menyajikan garapan kolosal yang diangkat dari tradisi/budaya khas daerah masing-masing kabupaten/kota.

Para peserta pawai wajib menyajikan pertunjukan dengan prosesi ber-display sambil berjalan.

Ketika berada di depan panggung kehormatan, masing-masing peserta pawai diberi waktu maksimal 2,5 menit untuk ber-display.

Khusus untuk ISI Denpasar, yang akan menampilkan garapan ‘Ketug Bumi’ serta mengiringi tari ‘Siwa Nataraja’ sebagai garapan pembuka pelepasan pawai, dan diberikan waktu display selama 5 menit.

Kemudian dilanjutkan dengan pawai dari delegasi luar negeri dan luar daerah, disusul dengan peserta pawai duta kabupaten/kota.

Adnyana menyebut selama sebulan penuh pelaksanaan PKB, setiap harinya akan ada rata-rata tujuh pagelaran.

Pagelaran terdiri dari 9 parade, 38 jenis lomba, 10 jenis workshop, 1 pameran seni lulus tematik khusus seni lukis kaca Nagasepehe.

Selanjutnya, terdapat 304 perajin yang mengikuti pameran kerajinan bersanding dengan pameran dokumentasi Bung Karno.

Bagi masyarakat yang belum bisa menyaksikan langsung pawai Pesta Kesenian Bali ke-41 di Niti Mandala Renon, bisa menonton tayangan live streaming yang berlangsung di YouTube Humas Protokol Bali, berikut ini:

(*)

Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved