Anggota Dewan Terima Enam Kali Uang Representasi, Setwan Tabanan Siapkan Anggaran Jasa Pengabdian

40 anggota dewan Tabanan periode 2014-2019 akan memperoleh uang jasa dewan

Anggota Dewan Terima Enam Kali Uang Representasi, Setwan Tabanan Siapkan Anggaran Jasa Pengabdian
Tribun Bali/ I Made Argawa
Rapat paripurna intern di DPRD Tabanan. Anggota Dewan Terima Enam Kali Uang Representasi, Setwan Tabanan Siapkan Anggaran Jasa Pengabdian 

Anggota Dewan Terima Enam Kali Uang Representasi, Setwan Tabanan Siapkan Anggaran Jasa Pengabdian

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Sesuai dengan PP Nomor 18 tahun 2017 tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota dewan perwakilan rakyat daerah, 40 anggota dewan Tabanan periode 2014-2019 akan memperoleh uang jasa dewan.

Jumlahnya pun bervariasi tergantung jabatan dan masa baktinya.

Dalam hitungannya, Sekretariat DPRD Tabanan juga telah menyiapkan anggaran sebanyak Rp 377 juta untuk semua legislator yang bersumber dari APBD Tabanan 2019.

Menurut data yang diperoleh, jika bekerja secara penuh yakni lima tahun, maka yang bersangkutan akan mendapatkan dana sebesar enam kali uang representasi/gaji pokok, dimana untuk dana representasi ketua sebesar Rp 2,1 juta dikalikan enam bulan mendapatkan Rp 12,6 juta, dan kena potongan pajak sehingga jumlah bersih yang diterima untuk ketua DPRD Tabanan hanya Rp 10,7 juta.

Baca: 25 Hektare Lahan Pertanian Jadi Perumahan Tiap Tahun, Lahan Produktif Denpasar Sisa 2.170 Ha

Baca: Lady Bikers Bayar Cash Saat Launching, Astra Motor Bali Luncurkan Honda CB650R Neo Sport Cafe

Untuk wakil ketua dengan dana representasi sebesar Rp 1,680 juta setelah dikalikan akan mendapatkan Rp 10, 080 juta, namun jumlah bersih yang diterima setelah pajak hanya Rp 8,568 juta.

Sedangkan, untuk anggota adalah sebesar Rp 1,575 juta dikalikan enam bulan, jumlah bersih diterima Rp 8,032 Juta.

Kemudian, untuk yang masuk karena PAW diberikan sesuai masa baktinya, seperti jika masuk pada 2017 lalu maka yang bersangkutan akan memperoleh tiga kali uang representasi.

"Sesuai dengan aturan, jasa pengabdian akan diberikan bervariasi sesuai dengan jabatan dan masa bakti. Dan setelah dilakukan penghitungan untuk seluruhnya, Setwan Tabanan sudah siapkan Rp 377 Juta untuk periode 2014-2019," ujar Sekretaris DPRD Tabanan, I Made Sugiarta, Minggu (16/6/2019).

Baca: Gudang Sabut Kelapa Ketut Yudiana di Jembrana Ludes Dilalap Si Jago Merah

Baca: Pemilik Cafe di Sedap Malam Didenda Rp 1,5 Juta, Sudah Dua Kali Melanggar & Terancam Ditutup Paksa

Sugiarta melanjutkan, uang jasa pengabdian tersebut diberikan kepada para anggota DPRD Tabanan, begitu mereka menyelesaikan tugasnya di DPRD sebagai wakil rakyat setelah pada hari pelantikan legislator periode 2019-2024 yang rencananya akan dilakukan pada 5 Agustus 2019 mendatang.

"Jumlahnya bervariasi tergantung jabatan dan masa bakti. Masa bakti maksudnya adalah bagi anggota yang masuk ke gedung dewan karena PAW. Salah satunya adalah anggota dewan bernama Made Bugiarta yang mengisi kekosongan almarhum I Made Sudiarta pada 2017 lalu. Sehingga, anggota PAW ini akan menerima tiga kali uang representasi," jelasnya.

"Dan setelah masa bakti periode lalu berakhir, semua anggota dewan akan memperoleh uang jasa pengabdian," tandasnya.(*)

Penulis: I Made Prasetia Aryawan
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved