Sudah Pernah Menggunakan Fasilitas Self Check-In di Bandara Ngurah Rai? Begini Langkahnya

Menggunakan layanan self check-in, langkah pertama yang dilakukan hanya cukup mengetik nama lengkap dan nomor kode booking yang tertera pada layar.

Sudah Pernah Menggunakan Fasilitas Self Check-In di Bandara Ngurah Rai? Begini Langkahnya
Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Fasilitas self check-in di terminal keberangkatan domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA – Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali terus meningkatkan pelayanannya terhadap penumpang.

Salah satunya dengan menyediakan fasilitas self check-in di Terminal Keberangkatan Domestik yang telah beroperasi beberapa bulan yang lalu.

Terlihat ada empat mesin self check-in berdiri di area keberangkatan domestik namun para calon penumpang tidak banyak yang memanfaatkan fasilitas tersebut.

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Herry A.Y. Sikado mengatakan fasilitas ini sudah dioperasikan beberapa bulan lalu untuk memangkas waktu antrean penumpang di konter check-in manual.

”Tujuannya tentu mempermudah pengguna jasa transportasi udara saat melakukan proses check-in dan mengurangi jumlah antrean yang ada di area check-in counter manual,” imbuh Herry, Selasa (23/7/2019).

Dalam menggunakan layanan self check-in, langkah pertama yang dilakukan hanya cukup mengetik nama lengkap dan nomor kode booking yang tertera pada layar mesin.  

Setelah itu, penumpang bisa melihat data yang muncul dari nama lengkap, tujuan, dan pesawat yang digunakan sudah sesuai dengan pesanan.

Jika sudah yakin dengan data tersebut, penumpang tinggal klik enter atau print boarding pass.

Tetapi bagi penumpang yang membawa bagasi, setelah melakukan self check-in, penumpang dengan bagasi tetap harus ke counter check-in manual untuk mendaftar dan menyerahkan bagasinya.

Di sebelah mesin self check-in terdapat alat timbang yang dapat dimanfaatkan juga penumpang untuk mengetahui berat bagasi mereka.

Jika tidak melebih ketentuan berat bagasi cabin, penumpang bisa langsung menuju ruang tunggu.

Dari pantauan tribunbali.com, pada mesin self check-in ini sudah bekerjasama dengan maskapai Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Wings Air, Lion Air, AirAsia dan Citilink.

Sehingga penumpang dengan maskapai disebutkan diatas dapat memanfaatkan fasilitas tersebut. (*)

Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved