Pilkada 2020

KPU Badung Tancap Gas Lagi untuk 2020, Sebut Status DPT Kawin dan Cerai

Ketua KPU membuka kotak suara, serta menandatangani berita acara yang diharapkan dengan proses sangat hati-hati dan berdasarkan hukum.

KPU Badung Tancap Gas Lagi untuk 2020, Sebut Status DPT Kawin dan Cerai
TRIBUN BALI/I KOMANG AGUS ARYANTA
Ketua KPU Kabupaten Badung, I Wayan Semara Cipta saat melakukan pembukaan kotak suara pemilu 2019, Jumat (26/7/2019). 

KPU Badung Tancap Gas Lagi untuk 2020, Sebut Status DPT Kawin dan Cerai

TRIBUN-BALI. COM, BADUNG - Kasat Intelkam Polres Badung, AKP I Nyoman Sumantara, SH secara langsung menyaksikan Ketua KPU Badung membuka kotak suara pilkada 2019 Jumat, (26/7/2019).

Dalam pembukaan kotak suara yang berlangsung di Gudang Logistik KPU Badung, Jalan Kebo Iwa Nomor 38, Padangsambian Kaja, Denpasar Utara, Kota Denpasar yang disaksikan oleh Bawaslu, kepolisian, pemerintah daerah maupun para undangan yang lain.

"Kami hanya menyaksikan Ketua KPU membuka kotak suara, untuk memilih data-data pemilih khusus, yang menggunakan KTP dan menandatangani berita acara," ujar Kasat Intelkam Polres Badung AKP I Nyoman Sumantara, SH.

Menhub Tinjau Proyek Dermaga Sanur, Sebut Pemerintah Buka Pintu untuk Investor Asing

SEDANG BERLANGSUNG Live Streaming Indosiar Persib Bandung vs Bali United

Live Streaming Indosiar Persib Bandung vs Bali United! Ini Starting XI Kedua Tim

VIDEO Warga Dikejar Abu Erupsi Gunung Tangkuban Perahu hingga Jalan Tertutup Abu Pekat

Stadion Persib Vs Bali United Hanya 1,5 Jam dari Tangkuban Perahu yang Erupsi, Ini Kesaksian Warga

Teror Fintech Ilegal Makan Korban, Begini Tips Pinjam Uang secara Online

Ketua KPU membuka kotak suara, serta menandatangani berita acara yang diharapkan dengan proses sangat hati-hati dan berdasarkan hukum.

Sehingga situasi Kamtibmas Kabupaten Badung tetap aman dan kondusif.

"Biar tidak ada masalah di kemudian hari, makanya harus disaksikan, bersama Bawaslu, kepolisian dan pemerintah daerah terkait," katanya.

Di sisi lain, Ketua KPU Kabupaten Badung I Wayan Semara Cipta mengatakan, pemembukaan kotak suara Pemilu 2019 itu, bertujuan untuk pemutahiran data Pemilih berkelanjutan dengan mengambil formulir model A yakni Daftar Pemilih Khusus (DPK), dalam rangka persiapan menghadapi Pilkada kabupaten Badung 2020 mendatang.

"Ini merupakan awal dalam penyusunan daftar pemilih berkelanjutan untuk Pilkada 2020, sesuai surat KPU RI, dalam rangka persiapan penyusunan daftar pemilih untuk Pilkada bagi kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada pada 2020 mendatang," ujar.

Menurutnya data tersebut selanjutnya akan dilaporkan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Badung (Disdukcapil) Kabulaten Badung untuk pemutahirannya.

"Nomor KTP akan disesuai di catatan sipil Badung. Kadang saat memilih dulu dia belum kawin, mungkin sekarang sudah kawin, atau sudah pisah (cerai), itu akan kita datakan kembali di catatan sipili Badung," kata Semara Cipta di Gudang KPU. (*)

Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Rizki Laelani
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved