Dituntut 6 Tahun Penjara, Suyadi Ajukan Pembelaan, Dugaan Korupsi Pengadaan 4 Unit Kapal Inka Mina

Direktur PT F1 Perkasa, Suyadi (50) dituntut pidana enam tahun penjara oleh tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Pengadilan Tipikor Denpasar

Dituntut 6 Tahun Penjara, Suyadi Ajukan Pembelaan, Dugaan Korupsi Pengadaan 4 Unit Kapal Inka Mina
Tribun Bali/Putu Candra
Terdakwa Suyadi. Dituntut 6 Tahun Penjara, Suyadi Ajukan Pembelaan, Dugaan Korupsi Pengadaan 4 Unit Kapal Inka Mina 

Dituntut 6 Tahun Penjara, Suyadi Ajukan Pembelaan, Dugaan Korupsi Pengadaan 4 Unit Kapal Inka Mina

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Direktur PT F1 Perkasa, Suyadi (50) dituntut pidana enam tahun penjara oleh tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Pengadilan Tipikor Denpasar, Rabu (7/8/2019).

Pria yang masih berstatus terpidana empat tahun penjara kasus pengadaan tujuh unit Kapal Inka Mina ini, dituntut karena dinilai bersalah dalam kasus dugaan korupsi pengadaan empat unit kapal yang anggarannya bersumber dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali tahun 2014.

Terhadap tuntutan tim jaksa dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bali, terdakwa yang didampingi tim penasihat hukumnya akan menanggapi melalui pembelaan (pledoi) tertulis pada sidang pekan depan.

Untuk itu tim penasihat hukum meminta waktu kepada majelis hakim menyusun nota pembelaan.

"Atas tuntutan jaksa, kami mengajukan pembelaan tertulis. Mohon izin waktunya," pinta I Ketut Bakuh selaku penasihat hukum terdakwa.

Sementara dalam surat dakwaan, Jaksa Agung Wisnhu menyatakan, terdakwa Suyadi terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam dakwaan primair.

Yakni Pasal 2 ayat (1) jo Pasal 18 Undang-Undang RI No. 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, yang diubah dan ditambah dengan Undang-Undang RI No. 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

"Menjatuhkan terhadap terdakwa Suyadi atas kesalahannya itu dengan pidana penjara selama enam tahun. Denda Rp 200 juta subsider dua bulan kurungan Perintah agar terdakwa tetap dalam tahanan," tegas Jaksa Agung Wisnhu dihadapan majelis hakim pimpinan I Wayan Sukanila.

Polresta Denpasar Tangkap Dua Pelaku Curat dan Curanmor

Sambil Menangis, Ibu Ini Dengar Detak Jantung Anaknya yang Sudah Meninggal di Tubuh Balita 16 Bulan

Pula, Suyadi dituntut pidana tambahan yakni wajib membayar uang pengganti sebesar 800 juta.

Halaman
1234
Penulis: Putu Supartika
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved