Kebakaran di Gunung Batukaru

Kebakaran Gunung Batukaru, BPBD Bali Pastikan Pelinggih Puncak Tetap Aman

Pada Senin (12/8/2019) malam sekitar pukul 21.30 Wita, diinfokan terjadi kebakaran di Puncak Gunung Batukaru.

Kebakaran Gunung Batukaru, BPBD Bali Pastikan Pelinggih Puncak Tetap Aman
Dokumentasi BPBD Bali
Kondisi pelinggih di puncak Gunung Batukaru tetap aman seusai kebakaran yang melanda Gunung Batukaru, pada Senin (12/8/2019) malam. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pada Senin (12/8/2019) malam sekitar pukul 21.30 Wita, diinfokan terjadi kebakaran di Puncak Gunung Batukaru.

Gunung Batukaru dengan tinggi 2.200 meter dari permukaan laut (mdpl) termasuk gunung yang tidak aktif.

Gunung Batukaru memiliki Pura Sad Kayangan Pura Luhur Batukaru yang merupakan istananya Dewa Mahedewa yang berada di Desa Wongaya Gede, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan.

Beberapa masyarakat terdekat melihat adanya titik api di puncak, bahkan masyarakat di Mengwi Kabupaten Badung melihat langsung adanya api tersebut.

Terlihatnya titik api tersebut karena memang Gunung Batukaru nampak jelas di arah barat dari beberapa Desa di Kecamatan Mengwi.

BREAKING NEWS: Kulkul Bulus Berbunyi di Sekitar Gunung Batukaru, Api Berkobar di Puncak
BREAKING NEWS: Kulkul Bulus Berbunyi di Sekitar Gunung Batukaru, Api Berkobar di Puncak (Tribun Bali/I Made Prasetia Aryawan)

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali Made Rentin menjelaskan, sekitar pukul 23.30 Wita warga masyarakat masih berkumpul saat dirinya dan beberapa pejabat hadir melakukan peninjauan dan berbaur dengan masyarakat.

Selain Rentin, beberapa hadir pula melakukan peninjauan Wakil Bupati Tabanan, Sekda Tabanan, Asisten II Setda Tabanan, Wakapolres, Camat Penebel, dan Bendesa Adat, serta dari unsur relawan yakni ORARI dan RAPI.

Data yang berhasil BPBD Bali himpun di lapangan, terdapat beberapa kelompok sudah mendaki ke puncak untuk melakukan penanganan api.

"Kelompok masyarakat itu diantaranya 15 orang berangkat dari Jatiluwih, 5 kelompok sekitar 60 orang dari Batukaru, dan sekitar 24 orang dari Pujungan," kata Rentin melalui keterangan tertulisnya.

Salah satu relawan bernama Yoga yang pertama kali tiba di puncak bersama beberapa rekan lainnya kepada BPBD Bali menjelaskan, bahwa kebakaran diperkirakan dengan luas sekitar 3 are.

Halaman
12
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved