‘Generasi Rangda’ di Lodtunduh Ubud, Agus Permana: Berserah pada Ida Bhatara Sesuhunan

Agus Permana menuturkan, selama pentas dirinya berserah pada Ida Bhatara Sesuhunan, selalu menjernihkan pikiran, dan mengontrol emosi

‘Generasi Rangda’ di Lodtunduh Ubud, Agus Permana: Berserah pada Ida Bhatara Sesuhunan
Pande Putu Agus Permana
Pande Putu Agus Permana saat mementaskan tarian rangda dalam pertunjukan calonarang, belum lama ini. 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - PANDE Putu Agus Permana, baru berusia masih 19 tahun saat ia mendatangi rumah Pak Sukra, yang merupakan anak dari maestro Tari Rangda, I Wayan Rarem, di Banjar Tengah, Desa Peliatan, Ubud.

Ketika itu, Agus Permana, merupakan satu-satunya anak muda Banjar Abiansemal atau Desa Pakraman Lodtunduh pada umumnya, yang memilih menekuni tarian sakral, Rangda.

Seiring berjalannya waktu, hal tersebut akhirnya merangsang minat generasi muda setempat untuk ikut mempelajari tarian rangda.

Saat ini, seniman muda penekun Tari Rangda sekaligus barong di Desa Lontunduh sudah mencapai delapan orang.

Karena itu, setiap Ida Bhatara Sesuhunan mesolah, krama tidak kesulitan lagi mencari pengayah Tari Rangda, terutama yang sudah mewinten.

Bahkan dalam prosesi pawintenan para pengayah sesuhunan ini, dilakukan oleh Desa Pakraman Lodtunduh, yang disaksikan krama.

Pande Putu Agus Permana (31), Rabu (21/8/2019) mengatakan, saat dirinya baru pertama belajar Tari Rangda, jumlah generasi muda yang menekuni tarian ini sangat minim.

Bahkan di Desa Lodtunduh, hanya dirinya, satu-satunya penekun tarian rangda. Padahal di desanya memiliki sesuhunan rangda.

Namun seiring berjalannya waktu, sejumlah anak muda di desanya akhirnya tertarik menekuni kesenian ini.

“Awalnya saya satu-satunya di desa ini yang belajar Tari Rangda, tapi sekarang sudah banyak yang ikut belajar. Ketertarikan itu didorong niat ngayah pada Ida Bhatara,” ujarnya.

Halaman
12
Penulis: I Wayan Eri Gunarta
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved