Berita Banyuwangi

RAPBD Banyuwangi 2020 Mulai Dibahas, Ada Peruntukan untuk Bayi dan Ibu Hamil

Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) bisa disiapkan untuk memberikan perhatian kepada ibu hamil dan bayi hingga usia lima tahun.

RAPBD Banyuwangi 2020 Mulai Dibahas, Ada Peruntukan untuk Bayi dan Ibu Hamil
haorrahman
Bupati Abdullah Azwar Anas menyampaikan nota pengantar Kebijakan Umum Anggaran serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2020 dalam rapat paripurna DPRD Banyuwangi. 

TRIBUN-BALI.COM, BANYUWANGI - Pembahasan keuangan daerah tahun 2020 telah dimulai.

Bupati Abdullah Azwar Anas menyampaikan nota pengantar Kebijakan Umum Anggaran serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2020 dalam rapat paripurna DPRD Banyuwangi.

Anas menyampaikan salah satu fokus pembangunan ke depan adalah SDM. Hal ini sejalan dengan arah pembangunan pemerintah pusat.

“Pembangunan SDM yang dimaksud bukan hanya menyangkut pendidikan, mulai jenjang SD, SMP, dan SMA/sederajat, tetapi juga peningkataan derajat kesehatan warga. Kesehatan yang terjamin, akan berdampak pada produktivitas daerah,” kata Anas.

Untuk mewujudkan itu, tambah Anas, pemkab bakal bersinergi dengan Pemerintah Desa (Pemdes) dan puskesmas.

Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) bisa disiapkan untuk memberikan perhatian kepada ibu hamil dan bayi hingga usia lima tahun.

“Pengembangan SDM kami mulai sejak anak dalam janin ibunya. Kami pastikan ibu hamil mendapatkan gizi baik yang akan berpengaruh pada perkembangan janin dan bayinya kelak. Karena itu akan sangat menentukan SDM yang berkualitas di masa yang akan datang,” kata dia.

Selain investasi SDM, lewat APBD tahun depan pemkab akan melanjutkan program pembangunan infrastruktur dasar.

Salah satu fokus pembangunan infrastruktur itu adalah pelebaran jalan. Selain ditujukan agar kondisi jalan tidak mudah rusak dengan “mengunci” sisi kiri dan kanan jalan, pelebaran dilakukan untuk menyiapkan akses pariwisata yang semakin baik.

Bukan itu saja, pelebaran tersebut juga dilakukan untuk menyiapkan jaringan jalan ketika jalan tol sudah sampai di Banyuwangi.

Halaman
12
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved