10 Orang Berebut Kursi Ketua Umum PSSI, Ini Profil Singkatnya

Kongres ini diselenggarakan untuk memilih ketua umum, wakil ketua umum, dan anggota komite eksekutif (Exco) PSSI periode 2019-2023.

10 Orang Berebut Kursi Ketua Umum PSSI, Ini Profil Singkatnya
Dok. PSSI Pers
Sejumlah calon Ketua Umum PSSI periode 2019-2023 menandatangani 7 pakta integritas, di Wisma Kemenpora, Jakarta, Rabu (30/10/2019) 

TRIBUN-BALI.COM - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akan menyelenggarakan Kongres Luar Biasa (KLB) pada hari ini, Sabtu (2/11/2019).

KLB PSSI akan digelar di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat.

Kongres ini diselenggarakan untuk memilih ketua umum, wakil ketua umum, dan anggota komite eksekutif (Exco) PSSI periode 2019-2023.

Ada 10 orang yang akan bertarung memperebutkan kursi Ketua Umum PSSI.

Mereka adalah Arief Putra Wicaksono, Aven S. Hinelo, Benhard Limbong, Benny Erwin, Fary Demy Francis, Mochammad Iriawan, Rahim Soekasah, Sarman, Vijaya Fitriyasa, dan Yesayas.

Berikut profil singkat mereka:

1. Arif Putra Wicaksono CEO Nine Sport Inc, Arif Putra Wicaksono.

Arif Putra Wicaksono merupakan CEO Nine Sport, yaitu promotor event-event olahraga yang cukup populer di Indonesia. Nine Sport sudah pernah membawa klub-klub elite Eropa seperti Ajax Amsterdam, Juventus, Sevilla, AS Roma hingga Hamburger SV untuk tampil di Indonesia. Sebelumnya, Arif pernah mecalonkan diri sebagai calon Ketua Umum PSSI periode 2015-2019. Saat itu ia dinilai belum memenuhi syarat berkecimpung di bidang sepak bola Indonesia, yaitu minimal 5 tahun. Dalam pencalonan kali ini, Arif memiliki tiga program, yaitu Club Licensing, Fans Management, dan Video Assistant Referee (VAR).

2. Aven S. Hinelo

Aven S. Hinelo lahir di Gorontalo, 4 April 1969. Sebelum membentuk klub, Aven hanya seorang yang hobi sepak bola. Ia merupakan penyiar radio di Gorontalo. Aven pernah bekerja di RRI sebagai sub bagian program. Namun, kemudian ia mengundurkan diri dan memilih fokus untuk mengurus Event Organizer (EO) Kreasindo Production Group yang bergerak di bidang entertainment dan olahraga yang ia jalankan hingga sekarang. Baca juga: Indra Sjafri Harap Ketum PSSI Baru Hasil KLB Konsisten Memimpin Kariernya di bidang sepak bola berawal saat Aven menjadi penerjemah pemain asal Ceko Miroslav Janu yang hijrah ke Persigo Gorontalo pada tahun 2002. Ia kemudian menjadi Sekretaris Persigo periode 2005-2007. Setelahnya, ia menjabat menjadi asisten manajer Persigo tahun 2007 hingga 2012. Kemudian, Aven dipercaya sebagai manajer tim Persigo periode 2012-2017 hingga akhirnya kini menjabat menjadi CEO Persigo. Saat ini, ia memegang dua klub, yaitu Persigo dan Kreasindo FC. Kedua tim tersebut bermain di Liga 3 nasional dan tingkat provinsi. Aven bukan sekali ini maju ke kepengurusan PSSI. Pada 2015, ia pernah mendaftar sebagai calon anggota Exco PSSI periode 2015-2019. Namun, gagal terpilih.

Halaman
123
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved