5 Profil Direksi Garuda Indonesia yang Dipecat Erick Thohir Termasuk Ari Askhara

Pemecatan kelima direksi Garuda Indonesia tersebut diketahui dari hasil rapat Dewan Komisaris Garuda Indonesia

5 Profil Direksi Garuda Indonesia yang Dipecat Erick Thohir Termasuk Ari Askhara
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
BARANG BUKTI - Menteri Keuangan Sri Mulyani bersama Menteri BUMN Erick Thohir menunjukkan barang bukti motor Harley Davidson saat konferensi pers terkait penyelundupan motor Harlery Davidson dan sepeda Brompton di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (5/12/2019). Penyelundupan ini melibatkan Direktur Utama PT Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra alias Ari Askhara. 

TRIBUN-BALI.COM - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memecat lima direksi Garuda Indonesia.

Kelima direksi tersebut adalah Direktur Utama I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra Ari Askhara, Direktur Operasi Bambang Adisurya Angkasa, Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha Mohammad Iqbal, Direktur Teknik dan Layanan Iwan Joeniarto serta Direktur Human Capital Garuda Indonesia Heri Akhyar.

Dari kelima direksi di atas, 4 di antaranya ikut dalam penerbangan perdana pesawat Airbus A330-900 NE0 yang membawa Harley Davidson dan sepeda Brompton ilegal dari Perancis.

Mereka adalah Ari Askhara, Iwan Joeniarto, Mohammad Iqbal dan Heri Akhyar.

Pemecatan kelima direksi Garuda Indonesia tersebut diketahui dari hasil rapat Dewan Komisaris Garuda Indonesia yang dilakukan pada Senin (9/12/2019).

Sebagai pengganti, Dewan Komisaris telah menunjuk Fuad Rizal sebagai pelaksana tugas direktur utama.

Dikutip dari Kompas.com, Senin (9/12/2019), Fuad juga diberi tugas mengemban tanggung jawab sebagai Plt Direktur Operasi, Plt Direktur Teknik dan Layanan serta Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Garuda Indonesia.

Berikut profil kelima direksi yang dicopot oleh Erick Thohir:

1. I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra-Direktur Utama 

Dikutip dari laman resmi Garuda Indonesia, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Askhara meniti kariernya di perusahaan pelat merah dengan menjadi Direktur Human Capital dan Pengembangan Sistem PT Wijaya Karya (Persero). Dia lalu menjabat sebagai Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Garuda Indonesia. Selanjutnya, Ari menjadi Direktur Keuangan PT Pelindo III. Pada 4 Mei 2017, Ari ditunjuk oleh Menteri BUMN Rini Soemarno menjadi Direktur Utama Pelindo III. Karier Ari pun semakin menanjak dengan ditunjuk oleh Rini menjadi Direktur Utama Garuda Indonesia pada September 2018. 

Halaman
12
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved