Natal Dan Tahun Baru

Antisipasi Sampah di Malam Tahun Baru 2020, DLHK Kota Denpasar Siagakan 600 Personil

Antisipasi Sampah Malam Tahun Baru 2020, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar Siagakan 600 Personil.

Tribun Bali/Putu Supartika
DLHK Kota Denpasar 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR- Malam tahun baru memang selalu identik dengan sampah yang dibuang oleh masyarakat yang tak bertanggung jawab sehabis merayakan malam pergantian tahun.

Dari tahun ke tahun, volume sampah usai perayaan malam tahun baru selalu meningkat.

Bahkan dalam malam pergantian tahun baru 2020 ini, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar memprediksi volume sampah di Kota Denpasar, Bali akan naik 40 persen dari hari biasanya.

Hal tersebut disampaikan Kabid Persampahan dan Limbah B3 DLHK Kota Denpasar, I Ketut Adi Wiguna saat dikonfirmasi Rabu (25/12/2019).

Antisipasi Sampah Malam Tahun Baru 2020, DLHK Siagakan 600 personel

Sudah Punya Rencana Bakar Ikan Saat Tahun Baru 2020? Ikuti 4 Tips Memilih Ikan Segar Ini

Kumpulan Ucapan Selamat Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Tak Hanya Merry Christmas

Volume sampah ini akan meningkat di titik-titik yang digunakan sebagai tempat perayaan malam tahun baru seperti di langan, pantai, maupun tempat pelaksanaan Denpasar Festival.

“Peningkatan volume sampah biasanya terjadi pada malam pergantian tahun, dan itu pun terjadi di tempat tertentu saja, seperti lapangan, pantai, dan tempat perayaan lainnya. Peningkatan volume sampah diprediksi berkisar antara 30-40 persen dari total hari normal,” katanya.

Ia menyebutkan, rata-rata volume sampah pada hari-hari biasa di Denpasar yakni 600-800 ton perharinta.

Untuk antisipasi sampah ini, DLHK Kota Denpasar menyiagakan 40 unit armada untuk pengangkutan.

Sementara personil yang dikerahkan sebanyak 600 orang personil.

Berkaca dari tahun sebelumnya, sampah yang paling banyak berasal dari bungkus petasan maupun kembang api dan khusus untuk Lapangan Puputan Badung ditambah dengan bungkus makanan dari stand kuliner.

Volume sampah yang paling banyak biasanya terdapat di sekitaran Lapangan Puputan Badung.

Apalagi di tempat tersebut dipusatkan menjadi tempat pelaksanaan Denfest dan ada acara melepas matahari tahun 2019 tepat pukul 00.00 Wita.

“Kami telah menyiapkan armada dan personil termasuk tenaga kebersihan saat Denfest hingga malam pergantian tahun,” imbuhnya.

Ia mengimbau masyarakat agar ikut menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Pemilahan sampah dari rumah tangga juga sangat penting sehingga mampu meminimalisir sampah menuju TPA. Selain juga untuk membatasi dan mengurangi penggunaan plastik. Pakai Tas Ramah Lingkungan yang bisa dipergunakan berkali-kali, dan ikut serta memilah sampah dari rumah tangga,” katanya. (*)

Penulis: Putu Supartika
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved